Momen Hari Raya Idul Adha 2024, Ratusan WBP Situbondo Makan 5000 Tusuk Sate Kambing

Iklan Semua Halaman

Momen Hari Raya Idul Adha 2024, Ratusan WBP Situbondo Makan 5000 Tusuk Sate Kambing

17/06/2024


Situbondo (jurnalbesuki.com) - Pada momen hari raya idul adha tahun 2024, Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Situbondo, disulap menjadi kedai sate kambing.  Pasalnya, usai melaksanakan shalat ied di masjid setempat, 410 warga binaan pemasyarakatan (WBP) makan ribuan tusuk sate kambing bersama puluhan petugas Rutan Situbondo, Senin (17/4/2024).


Menariknya, mulai proses memotong  dan mengiris daging sate,  membuat  bumbu, serta   membuat tusuk sate, hingga  memanggang sebanyak 5000 tusuk sate kambing tersebut, semuanya  melibatkan ratusan WBP Rutan Situbondo, Jawa Timur.


Kepala Rutan Situbondo  (Rusibon), Rudi Kristiawan mengatakan, selain makan sate bersama dengan ratusan WBP, namun pihaknya juga mengajak puluhan wartawan dalam makan bersama ribuan tusuk sate kambing, dalam momen hari raya idul adha tahun 2024 ini.


"Ini meraupakan tahun kedua, Rusibon menggelar makan  sate kambing dan gulai  bersama ratusan WBP dan wartawan. Untuk tahun 2024 ini, kami menggunakan bumbu  sate khas Kabupaten Blora,"ujar Rudi Kristiawan, Senin (17/6/2024).


Menurutnya, untuk hari raya kurban tahun ini, tercatat sebanyak 21  ekor kambing, namun untuk hari pertama yang disembelih  12 ekor kambing, untuk acara makan sate dan gulai kambing bagi ratusan WBP di Rutan Kelas IIB Situbondo ini.


“Ada 12   ekor kambing, yang kita sembelih untuk nyate bersama, sedangkan  sisanya 9 ekor  akan kita sembelih besok (Selasa red-)” pungkasnya.


Sementara itu, salah seorang WBP Rusibon, Khairul  menegaskan, semenjak dirinya menjadi WBP, baru  kali ini  ada kegiatan makan sate dan gulai kambing.


"Makanya, sejak dipimpin Pak Rudi sudah dua kali Rutan Situbondo, menggelar makan sate dan  gulai,"ujar Khairul.(ary)