Jelang PON 2024, 53 Atlet Nasional Ikut Kejurnas Triathlon di Situbondo

Iklan Semua Halaman

Jelang PON 2024, 53 Atlet Nasional Ikut Kejurnas Triathlon di Situbondo

02/06/2024


Situbondo (jurnalbesuki.com) - Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, sebanyak 53 atlet triathlon dari sejumlah daerah di Indonesia, 

mereka mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas)  triathlon piala Kapolres Situbondo  2024,  Minggu (2/6/2024).


Puluhan atlet nasional cabang olahraga (Cabor) triathlon itu, mengikuti nomor male elite dan female elite, dengan start water sport Jasalindo Bungatan, Pasir Putih  dan finish di jalan depan Mapolres Situbondo, Jawa Timur.


Ketua Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia, Armand Van Kempen mengatakan, kejurnas triathlon di ini merupakan seleksi nasional untuk mempersiapkan atlet pada ajang multievent Sea Games Thailand 2025.


"Kejurnas ini merupakan seleknas untuk mempersiapkan atlet kita pada Sea Games di Thailand tahun depan. Selain itu, juga sebagai ajang pemanasan para atlet daerah, menjelang PON tahun 2024,"ujar  Armand. 


Menurut dia, pihaknya  memuji venue triathlon di Kabupaten Situbondo. Ombaknya yang tenang memudahkan atlet saat berenang, jalur sepeda dan lintasan lari yang steril dari kendaraan, patut diapresiasi.


"Situbondo sangat representatif menjadi venue triathlon. Kerjasama dengan pihak kepolisian ini harus terus terjalin dengan baik,"katanya.


Sementara itu, Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengaku, bahwa event bergengsi ini harus terus dilaksanakan di Kabupaten Situbondo, agar Situbondo lebih dikenal lagi.


"Event seperti ini sangat menguntungkan bagi Situbondo, karena akan lebih dikenal secara nasional hingga dunia," ujarnya.


Sektor perekonomian juga akan memberikan dampak positif, karena semakin banyak orang luar daerah datang ke Situbondo, maka perputaran roda perekonomian akan semakin baik dan maju. 


"Oleh karena itu, event semacam ini harus terus dilaksanakan. Misalkan tahun depan mungkin saya sudah pindah dan Polres tidak menyelenggarakan, harus pemkab yang ambil,"pungkasnya.


Sekadar diketahui, untuk nomor male elite, yakni atlet Jabar bernama  Rashif Amila Yaqin menjadi juara, disusul Bima Muslim Perdana dari Papua, Ronald Bintang Setiawan dari Jatim, Hauqalah Fakhal Arvyello dari Jatim, dan pemenang kelima yakni Muhammad Noval Asshidiq.


Sedangkan untuk nomor female elite, sejumlah Jawa Timur mendominasi nomor tersebut, seperti Martina Ayu Pratiwi dari Jawa Timur sebagai juara pertama disusul, Binta Erlen Salsabila dari Jawa Timur, Renata Berliana dari Aceh, Stephanie Elita Belinda dari Jawa Timur, dan juara kelima yakni Zahra Bulan Aprilia dari Jawa Barat.(ary)