Bagikan Air Minum Saat Aksi Damai Buruh, Kapolres Situbondo Diserbu Emak-emak Minta Selfie

Iklan Semua Halaman

Bagikan Air Minum Saat Aksi Damai Buruh, Kapolres Situbondo Diserbu Emak-emak Minta Selfie

01/05/2024


Situbondo (jurnalbesuki.com) - Ada yang unik dalam aksi damai ratusan buruh, saat memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) Tahun 2024 di depan Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemkab Situbondo, Jawa Timur, Rabu (1/5/2024).


Pasalnya, Kapolres Situbondo  AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto,  yang meminpin langsung pengamanan aksi damai ratusan buruh  itu, membaur dengan ratusan massa DPC Sarbumusi Situbondo, sesekali berdialog sembari meminta massa untuk menjaga kondusifitas Situbondo.


Bahkan, Kapolres AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto juga membagikan air minum kepada massa. Praktis, aksi Kapolres Situbondo juga dimanfaatkan Emak-emak 

 untuk selfie.


"Kami sengaja aji mumpung foto selfie bersama Kapolres Situbondo. Sebab, jarang-jarang ketemu Kapolres AKBP Dwi Sumrahadi. Selain ramah tutur kata  beliau juga santun,"ujar Dewi, salah satu massa buruh, Rabu (1/5/2024).


Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, jika  polisi  tak hanya hadir sebagai aparat yang mengamankan jalannya aksi damai, namun dengan menampilkan sisi humanis di tengah terik matahari yang panas, polisi bisa  mendinginkan suasana,  sehingga aksi damai memperingati May Day berjalan dengan tertib.


“Polri melaksanakan tugas pengamanan dengan humanis, karena negeri kita sangat demokratis. Penyampaian pendapat di muka umum menjadi hak warga negara yang harus kami layani,”kata AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto.


Menurut dia,  aksi damai para buruh memperingati May Day tahun 2024  berjalan dengan tertib. Tidak ada ketegangan antara Polisi dengan massa buruh, justru sebaliknya suasana terlihat cair ketika aksi bagi-bagi air mineral. 


“Alhamdulillah, kami bisa mengawal dan mengamankan peringatan May 

Day tahun 2024 berjalan  aman, tertib dan lancar. Ini adalah tugas Polri melayani masyarakat, seperti ratusan buruh yang  menyampaikan aspirasinya,” pungkasnya.(ary)