Raih 13 Kursi, PKB Situbondo Menjadi Pemenang Pemilu Tahun 2024

Iklan Semua Halaman

Raih 13 Kursi, PKB Situbondo Menjadi Pemenang Pemilu Tahun 2024

25/02/2024

Situbondo(jurnalbesuki.com) - Kembali, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Situbondo, menjadi pemenang Pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten  Situbondo, dengan perolehan sebanyak 118,800 suara. Sedangkan posisi kedua ditempati PPP.


Sehingga dengan perolehan sementara  sebanyak 118.800 suara di  Pemilu serentak  2024, PKB meraih sebanyak 13 kursi, PPP 9 kursi, Gerindra 6 kursi, Golkar 5 kursi, PDIP 5 kursi, Demokrat 3 kursi, Nasdem 2 kursi, sedangkan Hanura dan PKS sama-sama mendapat 1 kursi.


Sekretaris DPC PKB Situbondo Mahbub Junaidi, peroleh suara Pemilu serentak tahun 2024, PKB Situbondo menjadi pemenang Pemilu 2024. Dengan demikian,  PKB dua kali berturut-turut menjadi Pemilu di Kabupaten Situbondo.


"Pada Pemilu 2019 lalu, PKB Situbondo juga menjadi pemilu dengan perolehan sebanyak 118.164 suara. Itupun dengan perolehan juga sebanyak 13 kursi,"ujar Mahbub Junaidi, saat ditemui di Kantor DPC PKB Situbondo, Minggu (25/2/2024).


Menurut dia, pada Pemilu serentak tahun ini, PKB mempunyai potensi untuk menempatkan 16 wakilnya di Kantor DPRD Kabupaten Situbondo, seperti di  Dapil I Situbondo, yang meliputi Kecamatan Kota dan Panji, dan Dapil II yang meliputi Kecamatan Mangaran-Kapongan.


"Pada dua Dapil tersebut, PKB Situbondo berpotensi memperoleh masing-masing tiga kursi, namun perkembangannya untuk berebut kursi ketiga,  sisa suara Caleg PKB kalah dengan Caleg partai yang lain,"bebernya.


Selain itu, lanjut Mahbub, khusus di Dapil 5 yang meliputi Kecamatan Kendit dan Kecamatan Panarukan, di Dapil tersebut PKB berpotensi mendapat 4 kursi, namun dalam perkembangannya sisa suara Caleg PKB untuk kursi ke empat, kalah dengan partai Caleg, sehingga untuk Dapil 5 PKB harus puas  mendapat jatah 3 kursi.


"Karena data ini, merupakan perolehan sementara. Oleh karena itu, saya mengajak kepada para kader partai, simpatisan dan warga Situbondo, untuk terus mengawal hingga tahapan penetapan KPU Situbondo,"pinta Mahbub.(ary)