Antisipasi Balap Liar, Petugas Lantas Polres Situbondo Amankan 11 Motor

Iklan Semua Halaman

Antisipasi Balap Liar, Petugas Lantas Polres Situbondo Amankan 11 Motor

26/01/2024


 Situbondo(jurnalbesuki.com) - Untuk mengantisipasi aksi balap liar, petugas Satlantas  Polres Situbondo, melakukan razia ke sejumlah tempat di Kota Situbondo,  yang ditengarai sering dijadikan ajang balap liar para remaja, Kamis (25/1/2024) malam.


Hasilnya, petugas yang dipimpin langsung Kasatlantas AKP Tutud Yudho Prastyawan, berhasil mengamankan 11 sepeda motor yang tidak sesuai spesifikasi tehnik (spektek), seperti berknalpot brong, tidak menggunakan  helm saat berkendara, dan tidak. mengunakan  kaca  spion.


Ironisnya lagi, belasan remaja yang terjaring razia, sebagian besar diketahui berstatus  sebagai pelajar SMP dan SMA di Kota Situbondo. Selain motornya tidak sesuai Spektek,  namun mereka juga tidak menggunakan helm saat berkendara.


Untuk didata  dan dilakukan pembinaan. Selanjutnya  belasan remaja dan motornya, mereka langsung digelandang ke Mapolres Situbondo. Bahkan, untuk memberikan efek jera,  belasan motor tersebut diamankan selama satu bulan di Mapolres Situbondo.


Kasatlantas Polres Polres Situbondo  mengatakan, razia balapan liar itu,  menindaklanjuti laporan warga yang mengaku resah dengan adanya aksi  balap liar di jalan raya.


"Sehingga begitu mendapat informasi, petugas langsung turun ke lokasi. Hasilnya, kami berhasil mengamankan 11 unit sepeda  motor tidak sesuai Spektek," ujar AKP Tutud Yudho Prastyawan.


Menurutnya, selain didata,  dilakukan pembinaan dan diberi sanksi tegas berupa tilang,  belasan sepeda motor yang  tidak sesuai spektek itu, diamankan atau diparkir  selama satu bulan di halaman Mapolres Situbondo.


"Untuk sepeda motor yang tidak sesuai spektek akan di parkir atau diamankan selama satu  1 bulan, untuk yang terindikasi hendak balap liar dan tidak sesuai spektek itu, akan diparkir selama dua bulan,"bebernya.


Lebih jauh AKP Yudho menjelaskan, selain mengganggu pengendara lain, kegiatan balapan liar tersebut juga mengancam keselamatan para pembalapnya. 


"Makanya, sebagai antisipasi balap liar, kami akan rutin melakukan patroli dan razia balap liar,” pungkasnya.(ary)