Setiap Bulan, Muncul 82 Janda Baru di Situbondo

Iklan Semua Halaman

Setiap Bulan, Muncul 82 Janda Baru di Situbondo

20/12/2023

 Situbond(jurnalbesuki.com) - Mulai awal Januari hingga pertengahan Desember tahun 2023, tercatat sebanyak 978 perempuan berstatus sebagai janda baru di Kota Situbondo, setelah proses perceraiannya diputus oleh Pengadilan Agama (PA) Situbondo, Jawa Timur.

 

Dengan munculnya sebanyak 978 perempuan berstatus janda baru  selama satu  tahun, sehingga  jika dihitung rata-rata. Setiap  bulan muncul 82  janda baru di Kabupaten Situbondo. Bahkan, mayoritas janda muda baru berusia antara 25 hingga 40 tahun.


Ketua Panitera Khadimul Huda melalui Panitera Muda Hukum PA Situbondo  Hendra Agus Junaidi mengatakan, selama tahun 2023, tercatat sebanyak 2.438  pengajuan  cerai yang masuk ke PN Situbondo, sebagian besar diajukan pihak perempuan atau gugat cerai.


“Dari data tersebut, kasus perkara yang paling banyak masuk ke PA Situbondo  adalah seorang perempuan yang mengajukan cerai suaminya atau cerai gugat,” ujar Hendra Agus Junaidi, Rabu (20/12/2023).


Menurutnya, faktor dominan dalam kasus perceraian tersebut adalah tidak ada keharmonisan dalam rumah tangga. Selain itu, faktor ekonomi, hingga gangguan dari pihak ketiga.


“Orang yang berpisah tidak melihat usia, ada yang pasangan muda ada yang pasangan tua. Kalau sudah ada konflik saya rasa semuanya sama saja,” bebernya.


Pria yang akrab dipanggil Agus menegaskan, agar setiap permasalahan rumah tangga diselesaikan tanpa harus menempuh jalur perceraian. Alangkah lebih baiknya setiap pasangan saling memahami jika ada sebuah persoalan.


“Kalau setiap persoalan rumah tangga diselesaikan dengan baik-baik insyaallah tidak akan berujung sampai ke perceraian. Sehingga rumah tangga yang di idamkan semua orang, yaitu keluarga sakinah mawadah warohmah benar-benar dirasakan,” pungkasnya.(ary)