Gali Tanah di Kandang Sapi, Warga Situbondo Temukan Granat Aktif

Iklan Semua Halaman

Gali Tanah di Kandang Sapi, Warga Situbondo Temukan Granat Aktif

20/07/2023


 Situbondo(jurnalbesuki.com) - Seorang petani bernama Santoso (63) warga Dusun Lugundang, Desa Talkandang, Kecamatan Kota, Kabupaten  Situbondo,  menemukan granat jenis nanas  yang diduga masih aktif, dengan kondisi  sudah berkarat.


Bahkan, saat ditemukan pertama kali oleh Santoso  di kandang sapi di belakang rumahnya,  kondisi kunci granat sudah terbuka. Sehingga Santoso  melaporkan kepada  seorang Babinsa setempat. Selanjutnya, penemuan granat  tersebut dilaporkan ke Mapolres Situbondo, namun saat menggali tanah linggisnya mengenai benda keras. Bahkan, setelah dicek ternyata ada benda  menyerupai granat, sehingga saya melaporkan ke Babinsa,"ujar Santoso, Kamis (20/7/2023).


Kasat Samapta Polres Situbondo AKP Sudpendi mengatakan,meski saat ditemukan kondisinya berkarat, namun granat jenis nanas  tersebut masih aktif.

Bahkan, begitu mendapat informasi ada warga menemukan granat, pihaknya langsung memasang garis polisi dilokasi kejadian.


"Selain mengamankan lokasi dan meminta warga agar tidak mendekat, kami langsung menghubungi petugas Gegana Brimob Polda Jatim di Mako Brimob Bondowoso,"ujar AKP Sudpendi, Kamis (20/7/2023).


Menurut dia, meski kondisi granat tangan  jenis nanas berkarat dan kuncinya  terbuka,  pihaknya langsung menghubungi petugas gegana Brimob Polda Jawa Timur, untuk mengevakuasi granat tangan tersebut dari lokasi ke Mako Brimob Tenggarang Bondowoso.


"Meski kondisi granat yang ditemukan   berkarat, namun granat tangan itu diduga masih aktif. Sehingga tim gegana Polda Jawa Timur langsung membawanya ke Mako Brimob di Tenggarang, Bondowoso,"pungkasnya.