Puluhan Warga Ambulu Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Acara Tahlilan

Iklan Semua Halaman

Puluhan Warga Ambulu Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Acara Tahlilan

10/04/2023

Puluhan warga yang keracunan akibat bingkisan Tahlil(foto.kompas)

 Jember (jurnalbesuki.com) - Puluhan warga dusun Tutul Desa Tegalsari Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Jawa Tmur harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis usai mengikuti acara Tahlilan peringatan 40 hari meninggalnya seorang warga setempat. 


Para Korban diduga mengalami keracunan usai menyantap bingkisan yang disuguhkan tuan rumah. Total undangan yang hadir mencapai 60 orang tetapi hingga berita ditulis, terpantau warga yang dirawat di rumah sakit adalah 43 orang.


"Hingga saat ini jumlah yang dirawat mencapai 43 orang," ujar Kapolsek Ambulu AKP Ma'ruf kepada wartawan, Minggu (09/04/2023).


Makanan itu dirupakan bingkisan yang berisi kue dan makanan yang dibawa pulang. “Dalam bingkisan itu ada makanan dan kue,” terang Ma'ruf.


Ma'ruf menduga bahwa keracunan itu berasal dari makanan yang berupa bumbu ayam yang didalam bingkisan tersebut. Sebab, jika berasal makanan jenis soto yang berada dalam bingkisan, maka semua yang hadir dalam acara itu pasti akan keracunan juga.Sementara jumlah orang yang hadir adalah 60 orang.


Namun Ma'ruf menyatakan belum bisa memastikan penyebab keracunan tersebut. Pihaknya telah mengirim sampel bingkisan tersebut ke Laboratorium Forensik untuk diteliti. 


Pihak kepolisian juga belum bisa memeriksa penyelenggara kegiatan itu karena juga keracunan. Warga yang keracunan itu dibawa ke Puskesmas Ambulu untuk mendapat perawatan. “Sebagian sudah ada yang dipulangkan,” ucap dia.(hans)