PT Tamami Group Buka 100 Loker, Ini Penjelasannya

Iklan Semua Halaman

PT Tamami Group Buka 100 Loker, Ini Penjelasannya

27/04/2023

Situbondo (jurnalbesuki.com) - PT Trisula Matahari Bumi (Tamami) Group Situbondo membuka puluhan lowongan kerja (Loker). Tercatat sebanyak  77 Loker yang tersedia di perusahaan, yang bergerak di bidang pertambangan galian C di Kabupaten Situbondo. 



Owner PT Tamami Group Situbondo, HRM. Khalilur R. Abdullah Sahlawiy mengatakan, hingga akhir bulan April 2023, setidaknya ada 78 blok tambang di Situbondo,  yang siap melakukan aktivitas penambangan di bulan Juni yang akan datang. 


"Ini sedang berproses menuju 100 blok tambang.   Sejumlah tambang itu  tersebar di enam lokasi tambang. Lalu menyusul akan dioperasikan tujuh lokasi Tmtambang pada Juli, kemudian berturut-turut 10 tambang setiap bulan sejak Agustus, September, Oktober, November,"ujarnya, Rabu (26/4/2023).


Menurutnya, pada 1 Desember 2023, setidaknya ada 53 tambang akan beroperasi di Kabupaten Situbondo. "Untuk mengoperasikan 53 tambang ini kami akan menyiapkan 530 truk alias 10 Tmtruk di setiap tambangnya. Dan akan menyiapkan 159 alat berat alias tiga unit alat berat di setiap tambangnya,"bebernya.


Pria yang akrab dipanggil Lilur menegaskan, per 1 Juni, pihaknya akan mempekerjakan 77 orang asli Situbondo. "Saat enam tambang beroperasi, akan ada minimal 100 lowongan pekerjaan di berbagai bidang. Seperti sopir, kernet, checker, QC, keamanan, OB, dan lain-lain," tegasnya. 


Untuk itu, Mas Lilur mempersilahkan bagi masyarakat Situbondo yang berminat untuk mengirim persyaratan lamaran kerja ke Kantor Tamami Grup yang ada di Jalan Argopuro Nomor 100, Depan SMA Negeri 1 Panji. "Kami ingin Situbondo menjelma menjadi daerah dengan tiga Industri baru. Yakni pertambangan, perkebunan, dan peternakan," bebernya. 


Lilur mengatakan, lahan tambang setelah ditambang harus direklamasi. Reklamasinya berupa penanaman pohon. "Ada tiga jenis pohon yang akan kami tanam. Yakni lontar, aren, dan gaharu," imbuhnya.



Lebih jauh  Lilur menjelaskan, dalam 50 blok tambang dikalkulasi merata luasnya sekitar 50 hektare, maka dalam 50 blok tambang  sekitar 2500 hektare. "Sebulan lagi pertambangan akan segera dimulai, setelah itu beriringan reklamasi akan dilakukan. Artinya secara simultan perkebunan akan diadakan kemudian peternakan dibumikan," katanya.



Dengan begitu, Situbondo akan merubah arah PAD nya dari hanya mengandalkan pajak tanah-bangunan  dan income rumah aakit menjadi menambah PAD dari pertambangan, perkebunan hingga peternakan. 



"Kehadiran PT Tamami Grup Situbondo akan membuat banyak wajah di Situbondo tersenyum bahagia. Karena apa? Lapar dan kekurangan penghasilan secara bertahap akan dihilangkan seiring banyaknya lapangan pekerjaan dan melubernya sedekah atas nama Allah SWT dan kemanusiaan,"pungkasnya.(ary)