Wacana Koalisi Semut Merah PKB-PKS Kian Santer Dibicarakan

Iklan Semua Halaman

Wacana Koalisi Semut Merah PKB-PKS Kian Santer Dibicarakan

11/06/2022


 Jakarta (jurnalbesuki.com) - Dua partai yang hingga saat ini belum bergabung koalisi yang sudah terbangun justru nampak makin mesra bahkan mewacanakan terbentukknya koalisi baru bernama koalisi Semut Merah. Kedua partai tersebut adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 


Partai Golkar, PPP, dan PAN sudah sepakat dengan Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB menuju tahun politik 2024. PKS mencoba menggandeng PKB supaya pilpres tak cuma diikuti dua paslon.


"Selanjutnya kita berusaha tidak muncul dua calon, tiga calonlah. Jadi, kalau sekarang ada KIB, lantas siapa tahu coba-coba PKS dan PKB membuat alur lagi baru, supaya muncul ada baru," kata Sekjen PKS Habib Aboe Bakar di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (08/06/2022)


"Soalnya, yang ketiga sudah pasti golden ticket. Jangan ditanya yang golden ticket ini, nggak perlu penjelasan, pasti dia maju. Siapa bersama siapa, urusan beliau. Kalau dia mau PKS, belum tentu PKS mau nolak-nolak amat," imbuhnya.


PKS pun tak mempermasalahkan jika Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ingin maju sebagai capres 2024. Namun PKS memberikan catatan soal rekam jejak.


"Ya nggak apa-apa. Kalau mau, Cak Imin layak, kita lihat nanti kita obrol dulu, kan kita punya jejak digital orang ini kan ada, mau ke mana dia, siapa dia, bagaimana dia situasi kepribadiannya apa, itu kan ada di depan mata kita," ujarnya.


Meski mencoba membangun poros ketiga, PKS tak tutup pintu terhadap KIB. PKS tetap mengedepankan membangun poros ketiga.


"Siapa bilang? Nggak ada istilah tutup pintu. Terbuka kita. Kita kontak-kontakan terus dengan Pak Airlangga, Pak Zul (Zulkifli Hasan), biasa. Nggak ada. Cuma untuk memunculkan ketiga ini, siapa yang mau memulai?" ucap Aboe Bakar.


PKB-PKS Bisa Jadi Koalisi Semut Merah


PKB menyambut baik wacana koalisi dengan PKS untuk Pilpres 2024. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyebut koalisi PKB-PKS bisa jadi Koalisi Semut Merah.


"Koalisi itu arahnya meraih kemenangan capres-cawapres. Apakah misalkan PKB dengan PKS mungkin berkoalisi? Sangat mungkin jika koalisi itu menjanjikan harapan menang dan menjanjikan harapan ke arah yang lebih baik," kata Jazilul dalam keterangannya, Rabu (8/6).


PKB dengan PKS pernah bergabung dalam koalisi Poros Tengah bersama sejumlah parpol berbasis Islam, seperti PAN, PBB, dan PPP. Koalisi Poros Tengah itu mengantarkan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ke kursi presiden pada Pemilu 1999.(detik/hans)