Polresta Banyuwangi Intens Awasi Pelabuhan Ketapang di Puncak Mudik

Iklan Semua Halaman

Polresta Banyuwangi Intens Awasi Pelabuhan Ketapang di Puncak Mudik

09/05/2022

 

Banyuwangi (jurnalbesuki.com) - Polrsta Banyuwangi terus intensifkan patroli darat dan laut dikawasan pelabuhan Ketapang selama Liburan hari raya idul fitri tahun 1443 Hijriah. Langkah ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang menggunakan pelabuhan ketapang untuk melakukan perjalanan.


Pengamanan laut dilakukan oleh Satuan Polisi Air dan udara (satpolairud) Polresta Banyuwangi. Operasi pengamanan itu juga langsung dikomando oleh Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasaribu yang juga ikut dalam rombongan berkeliling diselat Bali.


"Kita lakukan pengamanan laut saat puncak arus balik lebaran 2022. Ini kita lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pemudik yang menyeberang ke Bali ataupun sebaliknya," ujar Kapolresta Nasrun, minggu (08/05/2022.


Pengamanan laut ini menggunakan satu kapal dan speed boat milik Satpolairud. Beberapa kali kapal patroli bermanuver di sekitar dermaga dan sekitar kapal yang berlalu lalang melakukan pelayanan penyeberangan di Jawa Bali ini.


"Kondisi dan situasi Selat Bali aman. Tidak ada gangguan cuaca meski agak sedikit hujan dan angin sedikit kencang. Namun cuaca kembali bersahabat," tambahnya.


Patroli laut ini, kata Kapolresta dilakukan setiap hari ada pagi dan sore. Ini dikarenakan arus lalu lintas Selat Bali semakin ramai dalam puncak arus balik pada hari Minggu ini.


"Selain pengetatan pengawasan di Pelabuhan. Kita lakukan pengamanan laut. Tentu jika ada kendala kapal pastinya stakeholder terkait juga akan mengantisipasi. Termasuk kita siapkan petugas gabungan dalam evakuasi penumpang ketika ada kendala penyeberangan," pungkasnya.


Pantauan detikjatim, sebanyak 32 kapal melayani arus balik lebaran di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Kondisi pelabuhan ramai lancar dari dua arah Pelabuhan.


Di Pelabuhan ASDP Ketapang, kendaraan roda dua dan roda empat terus memenuhi areal parkir Pelabuhan. Namun tak lebih dari setengah jam, kendaraan yang parkir di Pelabuhan langsung masuk ke kapal dan diseberangkan ke Pelabuhan Gilimanuk Bali.(detik/aly)