Polisi Gagalkan Penyelundupan Pupuk Subsidi Ke Bondowoso, 3 Pelaku Dibekuk

Iklan Semua Halaman

Polisi Gagalkan Penyelundupan Pupuk Subsidi Ke Bondowoso, 3 Pelaku Dibekuk

18/05/2022


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Upaya penyelundupan pupuk bersubsidi ke Bondowoso berhasil digagalkan petugas kepolisian. Pupuk itu diketahui dibawa dari Banyuwangi yang akan dikirim ke Kabupaten Bondowoso. 


Dari peneyergapan itu, Polisi mengamankan barang bukti 1,5 ton pupuk jenis urea, 1 ton pupuk jenis ZA dan satu unit mobil pengangkut barang. Tiga pelaku yang diamankan masing-masing MY (38), IF (20) dan RH (26). Ketiganya merupakan warga Bondowoso.


"Iya, betul. Telah kami amankan sopir dan krunya, untuk pengembangan," kata Kasat Reskrim Polres Situbondo, AKP Dhedi Ardi, kepada wartawan, Selasa, (17/5/2022).


Dhedi menuturkan pengungkapan iu berawal saat pihaknya menaruh curiga dan mencegat sebuah kendaraan. Mobil itu dihentikan di Desa/Kecamatan Kapongan, Situbondo


Saat ditanya MY, sang sopir mengaku kendaraan memuat beras. Namun saat dicek ternyata mengangkut pupuk.


Sopir beserta krunya tersebut lantas digelandang ke Mapolres untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. Berikut mobil pikap Grand Max beserta pupuk bersubsidi yang tertutup terpal.


"Saat ini kami lakukan pengembangan. Untuk mengetahui dari mana dan pada siapa pupuk bersubsidi itu akan dikirimkan. Karena kan memang tak boleh memindahkan seenaknya pupuk ke luar daerah," tandas Dhedi Ardi.


Informasi lain dihimpun pupuk bersubsidi tersebut berasal dari Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Pupuk bersubsidi tersebut hendak diselundupkan ke Bondowoso.


Merasa curiga, petugas langsung membuntuti mobil pikap warna hitam tersebut. Mobil baru bisa dihadang dan dihentikan di Desa/Kecamatan Kapongan, Situbondo.(detikjatim/hans)