Oalah, Ternyata membersihkan Karet Pintu Kulkas Kotor Jamur Sangat Mudah

Iklan Semua Halaman

Oalah, Ternyata membersihkan Karet Pintu Kulkas Kotor Jamur Sangat Mudah

01/05/2022


 jurnalbesuki.com - Karet pada bagian pintu kulkas merupakan bagian penting bagi kualita pendinginan Kulkas milik anda dirumah. Karena Karet itu adalah pembentuk kedap udaara agar udara dingin tidak bocor keluar. Oleh karena itu keberadaan karet yang melingkar disepanjang pintu kulkas harus dirawat agar kinerja dari kulkas tetap baik.


Tetapi sering sekali muncul persoalan pada karet pintu pendingin itu. Biasanya karet itu ditumbuhi jamur, atau ditempeli debu dan noda yang sangat tak nyaman dipandang mata. Keluhan ini merata karena sudah sering dibersihkan dengan berbagai cara tetapi tetap saja tidak bersih. 


Nah, Sharp yang menjadi salah satu specialis mesin kulkas telah melansir cara untuk membershkan karet pintu kulkas itu. 


Cukup gunakan air hangat 


Cara paling mudah untuk membersihkan debu-debu di karet pintu kulkas adalah menggunakan air hangat. Cukup celupkan kain lap lembut ke air hangat, lalu usapkan ke karet pintu kulkas yang kotor. Cara ini dapat menghilangkan noda debu, tetapi tidak efektif untuk menghilangkan noda-noda membandel akibat jamur dan kuman atau bakteri.


Pasta Gigi


Pasta gigi dapat menjadi pembersih ampuh untuk menghilangkan noda di karet pintu kulkas. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi ke karet pintu kulkas, terutama pada bagian-bagian yang berjamur, lalu tunggu selama tiga menit. Setelah itu, seka atau lap dengan lembut karet pintu kulkas menggunakan kain lap basah. Cuci kain lap yang telah digunakan untuk menyeka noda, lalu seka kembali ke karet pintu kulkas untuk membilasnya.


Menggunakan campuran cuka dan detergen

Saat ingin menyeka karet pintu kulkas, pastikan untuk menggunakan kain lap lembut agar tidak merusak permukaannya.


Kemudian, gunakan air cuka dan detergen yang dilarutkan dengan air sekitar 200 ml. Celupkan kain pada larutan, lalu usapkan ke bagian karet pintu kulkas yang kotor.


Alkohol


Alkohol dapat menjadi bahan paling ampuh untuk membersihkan jamur sekaligus mensterilkan bakteri atau kuman yang ada di karet pintu kulkas. Pada bagian sela-sela karet pintu kulkas, kamu bisa menjangkaunya menggunakan garpu yang dilapisi tisu dan telah dibasahi alkohol.


Sebelum memulai berbagai cara pembersihan di atas, sebaiknya matikan kulkas terlebih dahulu agar kompresor kulkas tidak bekerja keras untuk pendinginan saat pintu kulkas terbuka.(detik/hans)