Pemerintah Umumkan Cuti Bersama Idul Fitri Tanggal 29 April dan 4-6 Mei 2022

Iklan Semua Halaman

Pemerintah Umumkan Cuti Bersama Idul Fitri Tanggal 29 April dan 4-6 Mei 2022

06/04/2022

 

Jakarta (jurnalbesuki.com) - Presiden Jokowi mengumumkan bahwa cuti bersama idul fitri 1443 Hijrian jatuh pada tanggal 29 April 2022 dan tanggal 4 - 6 Mei 2022 mendatang. Sementara tanggal 2 dan 3 Mei 2022 ditetapkan sebagai hari libur nasional lebaran. 


Keputusan itu akan secara rinci dituangkan dalam surat keputusan bersama menteri-menteri terkait.


"Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2002 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri, yaitu pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022," kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden. Keputusan mengenai cuti bersama ini akan diatur lebih terperinci melalui keputusan bersama menteri-menteri terkait.


Jokowi mengharapkan agar cuti dan libur nasional itu dapat digunakan dengan baik. Cuti bisa digunakan untuk bersilaturahmi dengan keluarga, orang tua, dan kerabat serta handaitaulan. Namun, ia mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan lantaran pandemi virus corona belum usai. Selain itu, Presiden juga meminta masyarakat segera melengkapi vaksin Covid-19.


Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Presiden Joko Widodo menginginkan pelaksanaan mudik Lebaran 2022 diatur secara tepat dan ketat. Hal tersebut disampaikan usai rapat terbatas mengenai persiapan menghadapi Idul Fitri 1443 Hijriah di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (6/4/2022). "Presiden juga meminta agar pelaksanaan perjalanan mudik tahun ini betul-betul diatur secara tepat dan yang ketat, betul-betul tidak menimbulkan risiko-risiko yang tidak perlu sehingga semua orang bisa menikmati mudiknya dengan gembira dan sampai tujuan dengan selamat," ujar Muhadjir, dikutip dari video keterangan pers yang diunggah di laman Sekretariat Kabinet.


Dalam rapat kabinet tersebut, Muhadjir mengatakan, terdapat beberapa hal yang dibahas terkait mudik Lebaran 2022, termasuk di dalamnya persiapan mudik, penyaluran bantuan sosial (bansos), serta peningkatan cakupan vaksinasi dan kebutuhan vaksin di wilayah asal atau tujuan mudik. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sebanyak 76-78 juta penduduk Indonesia bakal melakukan mudik Lebaran tahun ini setelah dua tahun yang lalu terhalang pandemi Covid-19.(kompas.com/hans)