Menteri Luhut Dituding Berada dibelakang Apdesi Deklarasi Dukung Jokowi 3 Periode

Iklan Semua Halaman

Menteri Luhut Dituding Berada dibelakang Apdesi Deklarasi Dukung Jokowi 3 Periode

01/04/2022

Jakarta (jurnalbesuki.com) – Luhut Binsar Pandjaitan yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi jadi perbincangan khalayak dan disebut-sebut sebagai tokoh yang berada dibelakang Asosiasi Kepala Desa Seluruh Indonesia (APDESI) yang berencana hendak deklarasi mendukung Jokowi sebagai presiden tiga periode.

 

Pengakuan ini juga disampaikan oleh Asri Anas, Ketua Majelis Pembina Organisasi Apdesi. "Kalau ketua dewan pembina kan kita, anu, Pak Luhut, mau tarik-tarik ke mana terserah lah ya," kata Anas seraya tertawa, saat ditemui usai acara Silaturahmi Nasional (Apdesi) di Istora GBK, Jakarta Pusat, Selasa, 29 Maret 2022.

Selain Luhut, menurut Anas, sejumlah menteri Jokowi lainnya juga masuk ke dalam struktur organisasi Apdesi pimpinan Surta Wijaya tersebut. Anas menyatakan Menteri Desa Abdul Halim Iskandar dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai penasehat mereka.

Tempo mengkonfirmasi jabatan Luhut sebagai Ketua Dewan Pembina di Apdesi ini kepada juru bicara Menko Kemaritiman Jodi Mahardi. Hingga berita ini diturunkan, belum ada respons yang diberikan.

Meskipun demikian, Anas membantah kalau deklarasi tersebut dianggap sebagai perintah dari Luhut.

"Gak ada, hanya membangun desa," kata Anas yang tercatat menjadi Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Barat pada 2020 ini, saat ditanya mengenai pesan Luhut ke APDESI.

Anas menyebut dukungan Jokowi 3 periode sebenarnya muncul karena aspirasi dari kepala desa mulai diterima oleh kepala negara ini. Ada lima aspirasi yang dibawa mereka, dari perubahan sistem gaji sekali tiga bulan bukan menjadi tiap bulan sampai penyederhanaan pelaporan Sistem Pertanggungjawaban atau SPJ.

"Jujur saja, lima aspirasi itu sudah empat tahun kami perjuangkan, tidak ada satupun menteri yang serius menanggapi," kata dia. Baru sekarang, kata dia, mulai ada respon dari pemerintah.

Dia juga mengklaim dukungan terhadap isu Jokowi 3 periode itu murni aspirasi internal. Ia bahkan bertanya siapa yang bisa memerintahkan kepala desa untuk memberikan dukungan ini.

"Presiden saja kami demo kemarin, saya juga yang nyuruh mereka demo," kata Anas, merujuk pada demo yang digelar Apdesi pada 16 Desember 2021 lalu di Jakarta.

Ketua Umum Apdesi Surta Wijaya juga membantah ada arahan dari Luhut. Surta juga mengatakan dilarang Luhut untuk berteriak Jokowi 3 Periode saat berpidato.

"Udah saya tidak berani ngomong, tadi saya udah mau teriak 3 periode, dilarang semua. Dia (Luhut) ngelarang malah, ketemu aja dilarang, kamu jangan cerita-cerita begitu," kata dia menceritakan ucapan Luhut.

Ia juga menyampaikan bahwa dukungan Jokowi 3 periode murni dari aspirasi internal karena merasa tuntutan mereka diterima oleh presiden.
"Sekarang giliran aku belain dia (Jokowi), kenapa? timbal balik dong," ujarnya.

Sebagai catatan, terdapat dua kepengurusan Apdesi. Kubu Arifin Abdul Majid mengklaim mereka sebagai pengurus yang sah karena terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya ikut disorot dalam pusaran isu perpanjangan masa jabatan presiden. Dia menjadi salah satu pendengung isu tersebut dengan mengklaim 110 juta orang mendukung penundaan pemilu 2024. Klaim Luhut ini diragukan banyak pihak. (sumber ; Tempo.co/hans)