Mengintip Taraweh Sampai Subuh, 23 Rokaat Hatamkan 30 Juz Semalam

Iklan Semua Halaman

Mengintip Taraweh Sampai Subuh, 23 Rokaat Hatamkan 30 Juz Semalam

09/04/2022


Magetan (jurnalbesuki.com) - Rata-rata orang mencari tempat taraweh yang cepat selesai. Banyak yang memilih taraweh dengan 11 rokaat atau 5/6 salam dibanding iku sholat taraweh yang total rokaatnya 23. 


Tetapi tidak demikian yang terjadi di Magetan. Tempat taraweh di Masjid Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fatah desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan justru diburu banyak orang untuk ikut sholat taraweh. Padahal pelaksanaan sholat taraweh ditempat durasi waktunya sangat lama. 


Pelaksanaan Sholat taraweh di POnpes al Fatah itu memakan waktu lama bahkan selalu selesai hampir subuh. Pasalnya bacaan sholatnya setelah fatiha selalu menghatamkan alquran atau membaca alquran 30 juz. Sehingga setiap malam taraweh berjalan bakda isyak itu sedikitnya membutuhkan waktu 8 jam.


"Awalnya Tarawih dengan bacaan Al Quran 30 juzz ini dilakukan oleh salah satu ustadz 10 tahun lalu secara sembunyi-sembunyi. Kemudian peserta makin banyak makin banyak. Karena peminatnya banyak akhirnya diresmikan sekalian. Bahkan selain di masjid utama trangkil Tarawih juga digelar pada 10 tempat dengan model Tarawih 30 juzz," kata Ustad Berli Musadad Sabtu (9/4/2022) sore.


Tarawih dalam pelaksanaan salatnya sama saja dengan salat Tarawih pada umumnya. Hanya saja, lanjut Ustadz Berli, yang membuatnya berbeda adalah bacaan Al Quran 30 juzz dalam semalam. Sehingga surah-surahnya panjang memakan waktu lama, mulai habis Isyak, selesainya jelang Subuh.


"Dalam pelaksanaan salat Tarawih di Ponpes Al-Fatah Temboro ini ada sebanyak 6 Imam, tiap tiap iman baca 5 juzz, gantian imam berikutnya. Sedang makmumnya ini yang luar biasa dan dari mana saja. Namun didominasi santri, ada juga yang sebelumya mendengar ada salat Tarawih 30 juzz, penasaran kemudian datang dan mencoba ada, yang kuat dan ada juga yang datang sekali kemudian tidak datang lagi," ungkapnya.


Saat ini salat Tarawih 30 juzz di Ponpes Al-Fatah Temboro sudah menjadi tradisi dan ikon pondok ini. Salat Tarawih 30 juzz 8 jam ini juga menjadi salat terlama. Ustadz Baril mempersilakan siapa saja yang ingin dan tertarik ikut salat Tarawih di ponpes ini bisa langsung ke Temboro. "Ayo bila berminat kita salat Tarawih bersama-sama," pungkasnya.(gas)