Kebayang Gak Seperti Apa Manusia 1.000 tahun lagi?, Ini Prediksinya

Iklan Semua Halaman

Kebayang Gak Seperti Apa Manusia 1.000 tahun lagi?, Ini Prediksinya

03/04/2022


Jakarta (jurnalbesuki.com)  - Ilmu pengetahuan yang didasari teknologi terus berkembang mempengaruhi pola hidup dan peradaban manusia. Seiring pergeseran waktu, pekembangan ilmu pengetahuan juga sampai tingkat memperkirakan mengenai model atau bentuk manusia masa depan hingga 1.000 tahun mendatang.


Dulu ketika masih diprediksi pada generasi awal 1900-an manusia masih berkecenderungan mamakai tekhnologi dengan kecanggihan dan menjamurnya ronot serta mobil terbang. tetapi dalam beberapa tahun terakhir, evolusi manusia sudah jadi sorotan utama dalam memprediksi kehidupan masa depan. mulai dari segi bentuk fisik hingga ke masalah jenis gen.


Berikut adalah Prediksi manusia 1.000 mendatang :


1. Fisik Akan Lebih Tinggi

Selama 130 tahun kebelakang, tubuh manusia menunjukkan perkembangan dn perubahan berkaitan dengan tinggi badan. jaman dulu orang-orang yang nampa tinggi hingga 170 Cm hanya ada dimanusia dataran Amerika saja. tetapi sekarang sudah tidak lagi, karena diberbagai belahan dunia sudah banyak yang tinggi.


Sedangkan pada saat ini, rata-rata tinggi penduduk laki-laki di tempat yang sama sudah hampir mencapai 180 cm. Jika dihitung secara kasar, maka dalam seribu tahun mendatang rataan tinggi manusia dapat menyentuh angka 2,5 m.


2. Cyborg


Tubuh manusia sangat mungkin disusupi berbagai teknologi untuk meningkatkan kemampuan indera dan kesehatan. Salah satu contohnya, tim dari University of Oregon tengah mengembangkan mata bionik yang memungkinkan para penderita tuna netra untuk melihat.


Berkaca pada hal tersebut, bukan tidak mungkin akan ada teknologi yang membuat manusia untuk melihat layaknya memiliki 'fitur' infrared dan x-ray di dalam mata bioniknya.


3. Mutan


Layaknya karakter di komik X-Men, manusia dapat menjadi mutan di masa depan. Meski tidak akan menjadi sekuat Wolverine, perubahan DNA dalam proses mutasi tersebut dapat membuat manusia 'kebal' terhadap berbagai penyakit dengan alat penyunting gen seperti CRISPR.


Studi yang pernah dilakukan oleh University of Oxford terhadap sekelompok anak terinfeksi HIV di Afrika Selatan menunjukkan bahwa mereka dapat hidup secara sehat dan normal lewat pertahanan dalam gen mereka sehingga mencegah virus tersebut berkembang menjadi AIDS.


4. Alien


Dengan gencarnya proyek dari SpaceX, Blue Origin, hingga Boeing untuk memindahkan manusia ke Mars, bukan tidak mungkin orang-orang di Bumi akan melihat penduduk planet merah tersebut di masa depan sebagai 'alien'.


Hal ini disebabkan oleh rendahnya paparan matahari (66% lebih kecil dari Bumi) di Mars sehingga memperbesar pupil manusia untuk memudahkan mereka melihat serta minimnya gravitasi di Mars (38% dari Bumi) yang mengakibatkan pertumbuhan pada tinggi badan makhluk pendatang di sana.


5. Tukar-menukar Tubuh


Bisa jadi, ini merupakan salah satu prediksi yang paling ekstrem, bahkan jelas ada yang menilainya mustahil. Para peneliti di Italia dan China tengah melakukan eksperimen terhadap binatang, dengan tikus sebagai media percobaannya, untuk mengetahui kemungkinan dilakukannya transplantasi kepala.


Mereka pun mengaku bahwa manusia akan menjadi target mereka kemudian. Dengan 'mengunduh' isi otak 'kelinci percobaan' tersebut terlebih dahulu, para peneliti berharap bahwa mereka tidak hanya melakukan transplantasi kepala, namun juga perpindahan pikiran, ingatan, dan kemampuan masing-masing partisipan.(detik.com/hans)