Jelang Puncak Arus Mudik, Satpolair Situbondo Gencarkan Patroli

Iklan Semua Halaman

Jelang Puncak Arus Mudik, Satpolair Situbondo Gencarkan Patroli

20/04/2022


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Menjelang puncak arus mudik pada lebaran 1443 Hijriah, petuas Satpolair semakin gencari melakukan patroli disejumlah pelabuhan penyeberangan diwilayah hukum Kabupaten Situbondo.


Patroli itu dilakukan untuk lebih memberikan jaminan keselamatan para penumpang yang akan menyebrang dan mudik dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindakan kriminal. 


Patroli langsung dipimpin langsung Kasatpolair Polres Situbondo AKP Hari Pamuji. "Dalam melakukan patroli, kami  menggunakan  kapal patroli,  untuk menjamin keselamatan para penumpang dalam arus mudik lebaran, dan sebagai upaya untuk mengantisipasi tindak pidana kriminal,"kata AKP Hari Pamuji, Rabu (20/4/2022).


Menurut dia, selain memeriksa kelengkapan di kapal, seperti  baju pelampung, namun dalam melakukan patroli jelang arus mudik lebaran, pihaknya juga mengawasi jumlah penumpang kapal.


 "Kami sengaja melakukan patroli, karena hampir dipastikan jumlah pemudik akan membludak tahun ini, mengingat selama dua tahun pandemi Covid-19, mereka tidak diperbolehkan karena adanya penyekatan,"bebernya.


Sementara itu, Farida (34),  salah seorang  penumpang yang hendak mudik ke Pulau Raas Madura mengatakan, dirinya bersama suami dan anaknya sengaja memilih mudik lebih awal ke kampung halaman, mengingat selama dua tahun pandemi Covid-19, dirinya tidak pulang ke Pulau Raas.


"Sehingga begitu kasus pandemi Covid-19 mulai melandai, kami memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mudik lebih awal, agar lebih lama berkumpul dengan orang tua pada momen lebaran tahun ini,"ujar Farida.(fb)