Horeee, Pemerintah Gratiskan Motor Naik Kereta Api Saat Mudik Lebaran

Iklan Semua Halaman

Horeee, Pemerintah Gratiskan Motor Naik Kereta Api Saat Mudik Lebaran

09/04/2022


 Jakarta (jurnalbesuki.com) - Kabar gembira bagi anda yang sedang jauh dari kampung halaman dan ingin mudik saat momen lebaran 2022 mendatang. Pasalnya, pemerintah memutuskan untuk menggratiskan sepeda motor yang dinaikkan kerata api. 


Jadi jika ada mudik dengan menggunakan jasa PT KAI, maka anda bisa membawa serta motor kesayangan agar nanti tidak kesulitan saat bersilaturrahmi dengan sanak saudara dikampung. Biaya bagaimana? Gratis ok.


Menteri perhubungan RI Budi Karya Slamet mengatakan nantinya orang atau pemili motor saja yang dikenai biaya tiket kereta api. Kebijakan itu sesuai dengan menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan Muhajir Efendy. "Untuk kendaraan sepeda motor yang diangkut kereta diberikan gratis, hanya orangnya saja yang bayar tiket kereta," kata Budi dalam keterangannya, Jumat (08/04/2022).


Karena itu, Budi meminta KAI dapat menyediakan gerbong khusus mengangkut kendaraan roda dua tersebut. Kebijakan ini diterapkan untuk mengurangi kepadatan di jalan raya terutama yang berkendara sepeda motor.


Terlebih, banyak kecelakaan pada masa mudik umumnya melibatkan sepeda motor. Program mudik gratis ini tidak hanya diterapkan pada kereta api, tetapi juga bus untuk penumpang dan truk untuk mengangkut sepeda motor. "Kalau bus ada kita sediakan untuk penumpagnnya gratis, dan kendaraan truk untuk motornya gratis juga," jelasnya. 


Budi melaporkan, pada masa libur Lebaran 2022 diperkirakan akan ada sekitar 8 juta pemudik yang naik kereta api. Untuk itu, ia meminta Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian dan PT KAI bersinergi melakukan persiapan dengan baik. 


“Seperti ramp check, inspeksi jalur, membuat posko-posko, menambah perjalanan dan meningkatkan SDM. Hal itu merupakamn upaya yang baik dan insya allah kita bisa mengawal itu," pungkas Budi.(kompas/hans)