Amalan Penting Yang Bisa Dilakukan Pada Bulan Ramadhan

Iklan Semua Halaman

Amalan Penting Yang Bisa Dilakukan Pada Bulan Ramadhan

24/03/2022

 

(jurnalbesuki.com) - Amalan-amalan di bulan Ramadhan ada banyak. Menurut istilah puasa adalah menahan diri pada siang hari dari hal-hal yang membatalkan puasa dengan niat sampai terbenamnya matahari.
Puasa Ramadhan juga dijelaskan dalam sebuah hadits sebagai salah satu tiang agama:

"Islam dibangun atas lima, syahadat bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, mengakkan sholat, menunaikan zakat, pergi haji dan puasa Ramadhan." (HR. Bukhari dan Muslim).


Berikut amalan-amalan di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan:


1. Sahur
Sahur sangat dianjurkan sebelum memulai puasa. Rasulullah SAW bersabda: Dari Anas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Makan sahurlah, karena sahur itu barakah". (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda, Dari Abi Said Al-Khudri radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Sahur itu barakah, maka janganlah kalian tinggalkan meski hanya dengan seteguk air. Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur." (HR. Ahmad).

2. Menyegerakan berbuka puasa
Dikutip dalam buku "Ramadhan Antara Syariat dan Tradisi" oleh Ahmad Sarwat, Lc., MA, para ulama sepakat bahwa berbuka puasa disyariatkan ketika matahari terbenam yang menandakan datangnya waktu Maghrib.

Dari Sahl bin Saad bahwa Nabi SAW bersabda, "Umatku masih dalam kebaikan selama mendahulukan berbuka." (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Sholat tarawih dan sholat malam
Sholat tarawih dan sholat malam memiliki banyak keutamaan, sebagaimana disebutkan dalam hadits: Dari Abu Hurairah ra, bahawa Rasulullah bersabda: "Barangsiapa yang sholat malam pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Memperbanyak membaca Al-Qur'an
Bulan Ramadhan adalah bulan Al-Qur'an. Di bulan Ramadhanlah Al-Qur'an pertama kali diturunkan ke dunia ini. Pada bulan Ramadhan juga Al-Qur'an diturunkan sekaligus dari Lauh Al-Mahfudz ke langit dunia.

Bertadarus Al-Qur'an selama bulan Ramadhan termasuk kebiasaan yang dilakukan Rasulullah SAW. Riwayat Ibnu Abbas menjelaskan,

"Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, kedermawanan beliau meningkat pada bulan Ramadhan, yaitu ketika didatangi Jibril setiap malam Ramadhan, ia bertadarus Al-Qur'an dengan Rasulullah." (HR. Bukhari Muslim).


5. Memperbanyak sedekah
Memperbanyak sedekah sangat disunnahkan saat kita sedang berpuasa, termasuk diantaranya adalah memberi keluasan belanja pada keluarga, berbuat ihsan kepada famili dan kerabat serta memperbanyak sedekah.


Adalah Rasulullah SAW orang yang paling bagus dalam kebajikan. Dan menjadi lebih baik lagi saat bulan Ramadhan ketka Jibril as mendatanginya.

Rasulullah SAW itu orang yang sangat murah dengan sumbangan. Namun saat beliau paling bermurah adalah di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Memberi makan orang yang berpuasa
Ada sebuah hadits dari Zaid bin Khalid Al Juhani ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang memberi makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu." (HR At-Tirmidzy).

7. Menjaga lidah dan anggota tubuh
Disunnahkan untuk meninggalkan semua perkataan kotor dan keji serta perkataan yang membawa kepada kefasikan dan kejahatan. Termasuk di dalamnya adalah ghibah, mengadu domba, dusta dan kebohongan.

8. Menahan diri dari keburukan
Menahan diri dari keburukan, jika melakukan hal-hal buruk bisa membuat ibadah puasa kita sia-sia. Rasulullah SAW bersabda, "Betapa banyak orang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali hanya lapar saja." (HR. Ahmad).

9. I'tikaf
I'tikaf merupakan ibadah yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW dan bahkan beliau sendiri yang selalu melakukannya di bulan Ramadhan.

Dalam hadist riwayat Ibnu Umar, Anas, dan Aisyah radhiyallahu 'anha berkata bahwa "Nabi shallallahu alaihi wa sallam biasa beritikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan sejak beliau tiba di Madinah sampai beliau wafat."

10. Memperbanyak doa
Di bulan Ramadhan akan dipenuhi dengan keberkahan. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda:

"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpauasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang." (HR. An-Nasai)

Di bulan Ramadhan ini tentunya semua doa yang dipanjatkan oleh umat Islam akan diijabah oleh Allah SWT. (sumber: Detik.com/hans)