Meriahkan Tahun Baru Islam, Pemkab Gelar Pawai Lampion dan Pesta Kembang Api

Iklan Semua Halaman

Meriahkan Tahun Baru Islam, Pemkab Gelar Pawai Lampion dan Pesta Kembang Api

07/07/2024


Situbondo (jurnalbesuki.com) -  Menyambut tahun baru islam 1446 Hijrian, Pemkab Situbondo menggelar pawai lampion  dan pesta kembang api selama 20 menit didepan Paseban Alun-alun  Kota Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (6/7/2024).


Pawai lampion dengan start  didepan Paseban Alun-alun Kota Situbondo itu, dilepas bersama oleh Bupati Karna Suswandi dan anggota Forkopimda Situbondo, dengan finish di depan Masjid Agung Situbondo.


Pantauan dilapangan, tercatat sebanya 37 lembaga pendidikan pada enam   kecamatan, yakni kecamatan Panji, Mangaran, Kota, Kapongan, Kendit   dan Panarukan, mulai dari tingkat SMP/Mts, SMA/SMK dan MA, mereka ikut pawai lampion menyambut tahun baru islam.


Tradisi tahunan ini berlangsung meriah dan khidmat. Sepanjang jalan, para peserta pawai melantunkan shalawat dan lagu-lagu religius. Selain itu, para peserta juga menampilkan berbagai bentuk lampion.


Bahkan, sejumlah peserta pawai lampion juga menampilkan berbagai miniatur yang bernunasa religius, seperti binatang gurun pasir, yakni unta,  miniatur ka’bah dan miniatur masjid.


Praktis,  kegiatan pawai lampion ini menjadi tontonan menarik warga di sepanjang rute yang dilalui peserta pawai. Terbukti,  ribuan warga Situbondo, mereka  berjejer di sepanjang rute yang dilalui peserta.


Bupati Situbondo Karna Suswandi  mengatakan, kegiatan pawai lampion merupakan kegiatan rutin setiap tahun, untuk  menyambut pergantian tahun baru Islam 1446 Hijriah.


“Saya berharap pawai lampion menyambut pergantian tahun baru Islam, menjadi momen  Kabupaten Situbondo akan lebih baik ke depan,”ujar Bupati Karna Suswandi.


Menurut dia, dengan  momen tahun baru islam ini, kedepan pihaknya akan lebih meningkatkan kegiatan keagaman. Bahkan, meningakatkan pelayanan kepada masyarakat Situbondo.


"Momen peringatan tahun  baru islam ini, akan mejadikan momen untuk berbebenah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,"pungkasnya.(ary)