KH. Husni Zuhri Kembali Dipilih Jadi Rois Syuriah NU Cabang Lumajang

Iklan Semua Halaman

KH. Husni Zuhri Kembali Dipilih Jadi Rois Syuriah NU Cabang Lumajang

18/12/2022

Rois Syuriah PCNU Lumajang Terpilih (foto.JBcom)


 Lumajang (jurnalbesuki.com) - Konferensi Cabang NU Lumajang Jawa Timur yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darunnajah Petahunan kembali mendudukkan KH. Husni Zuhri sebagai Rois Syuriah periode 2022-2027. Pengasuh Ponpes Miftahul Ulum Banyuputih Jatiroto itu sebelumnya juga merupakan Rois Syuriah pada periode sebelumnya.


Dipilihnya sosok Kyai Husni setelah dilakukan sidang oleh yang dilakukan oleh 5 orang yang ditunjuk sebagai AHWA (Ahlul Halli wal Aqdi). "Lima orang terpilih menjadi Ahwa itu yang berembuk atau bersidang untuk menentukan siapa yang akan ditunjuk sebagai Rois Syuriah NU Kabupaten Lumajang," ujar salah sumber yang enggan disebut namanya, Minggu (18/12).


Lima orang yang memiliki suara terbanyak lalu dikukuhkan sebagai AHWA dan dipersilahkan untuk berembuk. Sumber info jurnalbesuki menyebutkan kelima tokoh Lumajang yang memiliki suara terbanyak masing-masing adalah KH. Husni Zuhri, KH Khozin Farizi, KH. Mahrus Ali, KH. Fanandri Abdussalam, dan KH. MImbar Mashuri. "Sidang kelima masyayich itu yang mendudukan Kyai Husni sebagai Rosi Syuriah Cabang NU Luajang periode mendatang," ujar sumber tersebut.


Penunjukan anggota AHWA melalui anggota Konferensi yang hadir dan berhak menyampaikan pendapat dan pilihan. Setiap wakil dari Majelis Wakil Cabang NU yang berasal dari tiap kecamatan se Lumajang dan usulan dari Ranting se Kabupaten Lumajang. Hasil usulan itu kemudian dirangking oleh petugas dan dipilih 5 orang yang memiliki suara terbanyak.


Sebagaimana diberitakan, Konferensi Cabang NU Lumajang untuk memenuhi mekanisme organisasi yang telah mengatur periodisasi kepengurusan ditiap jajaran. Suksesi yang diselenggarakan sejak tanggal 17 - 18 Desember itu akhirnya mendudukkan KH Husni Zuhri sebagai Rois Syuriah dan DR. KH. Mohammad Darwis, M.Pd.I sebagai ketua Tanfidiyah NU Kabupaten Lumajang periode 2022-2027. (nangs/hans)