Kejurnas Duathlon di Situbondo 2024, Diikuti Puluhan Atlet Nasional

Iklan Semua Halaman

Kejurnas Duathlon di Situbondo 2024, Diikuti Puluhan Atlet Nasional

01/06/2024


Situbondo (jurnalbesuki.com) - Sebanyak 49 atlet duathlon dari sejumlah daerah di Indonesia, mereka   mengikuti Kejuaraan Nasional Kejuaraan Nasional (Kejurnas) duathlon Kapolres Situbondo Cup tahun 2024, dengan start di jalan depan Mapolres setempat, Sabtu (1/6/2024).


Sejumlah daerah yang mengirim atletnya ke Kejurnas  duathlon di Situbondo 2024, yang dipantau langsung ketua Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Armand Van Kempen,  diantaranya Jatim, Jateng, Jabar, DIY, NTB, Papua, Aceh, Sumsel, Kepri, Sulsel, Kalbar, dan Kalteng.


Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, jika kegiatan Kejurnas duathlon ini,   merupakan salah satu rangkaian untuk  memperingati HUT  Bhayangkara ke 78 tahun 2024.


"Namun, dalam menggelar Kejurnas duathlon ini, kami bekerjasama dengan Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (FTI),"kata AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, Kapolres Situbondo, Sabtu (1/6/2024).


Menurut dia, selain menggelar Kejurnas duathlon, dalam menyambut HUT Bhayangkara ke 78 tahun 2024, pihaknya juga menggelar event aquathlon,  triathlon, dan criterium race, sebagai event penutup yang akan digelar pada akhir Juni 2024.


"Kemarin (Jumat red-) digelar aquathlon, yang diikuti ratusan nasional dan lokal, sedangkan besok (Minggu red-)  triathlon. Untuk criterium race akan digelar minggu terakhir di bulan Juni,"bebernya.


Sementara itu, Ketua Pengurus Pusat FTI)  Armand Van Kempen berharap, event nasional ini terus digelar di Situbondo, untuk mencetak atlet triathlon nasional hingga internasional. 


"Besar harapan saya, ada atlet-atlet baru triathlon, supaya mengulang kembali bahwa triatlon pertama kali disumbangkan melalui duathlon oleh Jeje," ucap Armand Van Kempen.


Menurut dia, event nasional yang diikuti oleh puluhan atlet dari 16 provinsi di Indonesia, ini sangat menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh yang akan digelar 8-20 September 2024. Selain itu, Kejurnas ini juga sebagai ajang seleksi para atlet menjelang 

Sea Games Thailand 2025.


"Selain mempersiapkan atlet PON tahun ini, kami berharap Sea Games di Thailand tahun 2025, kita mendapat emas dalam duathlon, triathlon dan aqwathlon," kata Arman.


Duathlon kategori men elite dan female elite ini juga diharapkan melahirkan atlet yang mendominasi tidak hanya tingkat nasional tapi juga internasional. 


"Jaga sportivitas. Selamat bertanding di Situbondo dalam ajang seleksi nasional,"katanya.


Sekadar diketahui, duathlon merupakan salah satu nomor cabang olahraga (Cabor)  triathlon. Duathlon ini merupakan perpaduan antara lari sejauh 7,5 kilometer dan bersepeda sejauh 20  kilometer. Diikuti oleh puluhan atlet nasional dari 16 provinsi di Indonesia. 


16 provinsi di antaranya, Jawa barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Aceh, Nusa Tenggara Timur, Yogyakarta, Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, Banten, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Jambi, Kalimantan Utara dan Papua.


"Namun, satu atlet absen dari Sumatera Selatan," pungkasnya.(ary)