Suplai Material Tol Probowangi, Lilur Siapkan Puluhan Blok Tambang

Iklan Semua Halaman

Suplai Material Tol Probowangi, Lilur Siapkan Puluhan Blok Tambang

26/05/2024


Situbondo (jurnalbesuki.com) - Untuk menyuplai pengerjaan jalan tol Probowangi dan pengerjaan proyek  insfrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN), Khalilur R Abdullah Sahlawy, salah seorang pengusaha  tambang di Kota Situbondo, menyiapkan puluhan blok tambang.


"Kami siapkan ratusan blok tambang, untuk memenuhi kebutuhan material pasir dan batu (sirtu), untuk memenuhi pengerjaan tol Probowangi dan IKN,"ujar  pria yang dipanggil Jhi Lilur itu dalam konferensi pers di Kantor Makorev, Situbondo, Minggu (26/5/2024).


Menurut dia, dirinya mulai melakukan usaha tambang sejak tujuh tahun yang lalu. Saat ini, dirinya  punya 76 tambang berizin di Situbondo. Selain itu, ia juga mempunyai 750 blok tambang yang tersebar di Jatim, ratusan tambang tersebut  juga akan menyuplai meterial pasir dan batu untuk pembangunan  IKN. 


"Kami di bawa naungan PT Tamami Group mempersiapkan aksi korporasi, berupa operasi tambang untuk dua mega proyek tersebut,"katanya.


Untuk melancarkan pengangkutan materialnya tersebut, sambung Jhi Lilur, pihaknya bakal membangun pelabuhan khusus di sejumlah wilayah. "Tujuannya guna meringankan ongkos transportasinya. Saya proyeksikan bangun pelabuhan sendiri, setidaknya enam pelabuhan pelsus atau pelabuhan khusus," ungkapnya 


Jhi Lilur menegaskan, pihaknya juga berkomitmen untuk menjaga dampak lingkungan dari aksi penambangannya. "Tetap memperhatikan aturan yang ada, kemiringan 40 derajat," bebernya.


Pria yang dikenal dermawan ini menyebut bakal mengalokasikan keuntungan dari usahanya untuk kemaslahatan masyarakat Situbondo. "Dari tambang Situbondo. Ditasharrufkan (dibagikan -red) untuk beasiswa pendidikan keluarga tidak mampu," pungkasnya.(ary)