Patroli Pengamanan WWF, Petugas Polsek Banyuputih Gagal Pencurian 2 Ekor Sapi

Iklan Semua Halaman

Patroli Pengamanan WWF, Petugas Polsek Banyuputih Gagal Pencurian 2 Ekor Sapi

14/05/2024

Situbondo (jurnalbesuki.com) - Untuk mendukung pengamanan World Water Forum (WWF) di Bali, yang diagendakan akan  dilaksanakan pada 18-25 Mei 2024 mendatang, petugas Polsek Banyuputih, Situbondo meningkatkan patroli Kamtibmas diwilayahnya.


Dalam patroli untuk mendukung pengamanan WWF ke-10  tahun 2024 di Bali, petugas berhasil menggagalkan pencurian 2 ekor sapi milik Tosiyono (50) warga Dusun Widoropasar, Desa/Kecamatan Banyutih, Kabupaten  Situbondo.


Petugas juga berhasil mengamankan truck nopol P 9769 D, yang ditinggal dua pelaku pencurian hewan (Curwan) di Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan. Selain itu, petugas juga mengamankan 2 ekor sapi milik korban Tosiyono, yakni ditemukan areal tanaman tebu yang tak jauh dari rumah korban.


Diperoleh keterangan, terungkapnya dua orang pelaku mencuri 2 ekor sapi milik korban itu, berawal saat petugas Polsek Banyuputih, Situbondo melakukan patroli Kamtibmas diwilayahnya. Saat melintas dilokasi kejadian, petugas mendapati truck parkir dengan kondisi mesin hidup bak terbuka.


Karena curiga ada truck sekitar pukul 01.15 WIB, petugas mencoba  mendekati untuk mengecek, namun sopir truck dan seoeang langsung tancap gas, begitu mengetahui petugas yang datang. Sehingga terjadi kejar-kejaran antara petugas dengan truck, yang diduga pelaku pencurian hewan.


Saat truck  melintas di jalan Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan, petugas kehilangan jejak, sehingga petugas Polsek Banyuputih koordinasi petugas Polsek Kapongan. Bahkan, hanya dalam  waktu satu jam, petugas Polsek Kapongan berhasil mengamankan truck nopol P 9670 D, yang ditinggal dua terduga pelaku di pertigaan sekitar Ponpes Seletreng.


"Setelah mendapat informasi ada truck terduga pelaku Curwan  masuk ke jalan desa seletreng, kami langsung menghubungi Kades dan seluruh kepala dusun untuk cek diwilayahnya, dan alhamdulillah kami berhasil menemukan trucknya, yang ditinggal  dua orang  terduga pelaku,"kata Iptu Teguh, Kapolsek Kapongan, Selasa (14/5/2024).


Sementara itu, Kapolsek Banyuputih, Situbondo AKP Sulaiman membenarkan, pihaknya berhasil menggagalkan pencurian 2 ekor sapi. Selain itu, petugas juga berhasil mengamankan  truck, yang ditinggal dua orang terduga pelaku di jalan Desa Sletreng, Kecamatan Kapongan.


"Saat ini, truck nopol P 9670 D yang digunakan 2 orang terduga pelaku diamankan di Mapolsek Banyuputih sebagai barang bukti,"kata AKP Sulaiman. 


Menurut dia, diakui menjelang pelaksanaan WWF  ke-10 di Bali, pihaknya meningkatkan patroli diwilayahnya, dengan tujuan utama  untuk mendukung  pengamanan pelaksanaan  WWF 2024.


"Kami sengaja meningkatkan patroli, untuk mendukung pengamanan pelaksanaan WWF ke 10 tahun 2024 di Bali,"pungkasnya.(ary)