Rumah Pemilik Toko Konveksi Dibobol Maling, Puluhan Gram Perhiasan Emas Raib

Iklan Semua Halaman

Rumah Pemilik Toko Konveksi Dibobol Maling, Puluhan Gram Perhiasan Emas Raib

07/04/2024

Situbondo (jurnalbesuki.com)  - Aksi pencurian dan pemberatan (curat) makin nekat dan berani. Bahkan, pada siang bolong pelaku membobol rumah Prahmono (50) warga Dusun Tegal Mulya, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo


Dalam aksinya, pelaku yang diperkirakan  berjumlah dua orang itu, berhasil  masuk ke rumah korban  sekitar 12.00 WIB, setelah sebelumnya pelaku mencongkel pintu  belakang rumah korban menggunakan obeng dan pisau.


Usai mengobok-obok seluruh kamar rumah milik  korban, yang kosong karena ditinggal pemiliknya. Sehingga  pelaku curat  berhasil menemukan puluhan gram  perhiasan emas di lemari keluarga korban. Selanjutnya,  pelaku kembali kabur melalui pintu belakang rumah  milik korban.


Terungkapnya rumah korban Prahmono dibobol maling itu, berawal saat orang tua koban  pulang ke rumahnya sekitar pukul 15.00 Wib. Saa itu,  Nur Yasin (68)  mendapati pintu bagian belakang pintu rumahnya dalam kondisi terbuka. Bahkan, seluruh kamarnya diketahui  juga acak-acakan.


Mendapati kondisi seluruh kamarnya acak-acakan, dan setelah dicek puluhan gram  perhiasan emas anggota keluarganya raib. Rinciannya, 8 gelang, 2 kalung, dengan total kerugian diperkirakan mencapai Rp43,38 juta.


"Saat kejadian rumah dalam kondisi kosong, sebagian keluarga membuka usaha toko konveksi di pantai wisata pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur,"ujar Prahmono, usai melaporkan kasusnya yang dialaminya ke Mapolsek Bungatan, Situbondo.


Kapolsek Bungatan, Situbondo AKP Sukamto membenarkan terjadinya aksi curat di siang bolong diwilayahnya tersebut. Untuk mengungkap pelaku curat di rumah korban Prahmono, pihaknya sudah melakukan olah TKP.dilokasi kejadian.


"Selain melakukan olah TKP dilokasi kejadian, namun untuk mengungkap terduga pelaku curat tersebut, kami juga akan memanggil.saksi untuk diminta keterangannya,"katanya.


Menurut dia, dalam melakukan olah TKP dilokasi kejadian, penyidik menemukan sejumlah barang bukti yang diduga milik terduga pelaku dan tertinggal di lokasi kejadian.


"Tiga barang bukti yang diduga milik pelaku, yang tertinggal dilokasi kejadian, yakni 1 buah obeng, 1 sajam jenis pisau dan satu buah papan kayu,"pungkasnya.(ary)