KPU Situbondo Distribusikan Logistik Pemilu 2024, Pendistribusian Tahap 2 Tertunda

Iklan Semua Halaman

KPU Situbondo Distribusikan Logistik Pemilu 2024, Pendistribusian Tahap 2 Tertunda

10/02/2024


Situbondo(jurnalbesuki.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, mendistribusikan logistik Pemilu Tahun 2024 secara serentak ke 16  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Situbondo, Sabtu (10/2/2024).


Namun, khusus untuk PPK Panji, Situbondo akan didistribusikan pada 12 Februari 2024 mendatang, mengingat PPK Panji tidak mempunyai gudang, sehingga untuk sementara logistik Pemilu 2024 dititipkan di gudang KPU Situbondo.


Pantauan  dilapangan, pelepasan logistik Pemilu  tahap pertama dilepas secara bersama oleh ketua KPU, Sekdakab Situbondo, Kapolres dan Dandim 0823 Situbondo sekitar pukul 08.00 WIB, yakni PPK Kapongan, Jangkar, Asembagus, Banyuputih, Suboh, Sumbermalang, Jatibanteng, Besuki dan PPK Banyuglugur.


Sedangkan untuk pelepasan tahap kedua untuk 7 PPK yang diagendakan sekitar pukul 10.00 WIB tertunda. Bahkan, hingga berita ditulis diketahui belum didistribusikan, karena masih armada atau truck,  yang disedikan PT Pos Situbondo belum datang ke gudang KPU.


"Namun, kami memastikan pada hari ini (Sabtu red-) semua logistik Pemilu 2024 sudah bergeser ke seluruh PPK di Situbondo, khusus PPK Panji akan didistribusikan langsung ke PPS pada 12 Februari 2024 mendatang, karena PPK Panji tidak punya gudang,"ujar Marwoto, Sabtu (10/2/2024).



Menurutnya, pendistribusian logistik Pemilu serentak 2024   ke PPK itu, mendapat pengawalan ketat petugas TNI dan Polri. Selanjutnya PPK akan mendistribusikannya ke masing-masing ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayahnya.


"Setelah satu hari ada di PPK. H-3 logistik langsung digeser ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) diwilayahnya,"bebernya.


Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP  Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2024, personel TNI/Polri  mengawal pendistribusian logistik pemilu mulai dari KPU ke PPK hingga TPS di Kabupaten Situbondo.


“Untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak,TNI/Polri selalu siap mengamankan setiap tahapan Pemilu, termasuk dalam mengamankan dan mengawal pendistribusian logistik Pemilu, mulai dari KPU, PPK, PPS hingga ke TPS,” katanya.


Menurutnya, untuk mengawal pendistribusian logistik Pemilu dari KPU ke 17 PPK di Kabupaten Situbondo, pihaknya menerjunkan ratusan personel Polres Situbondo.


"Selain itu, kami juga melibatkan personel di masing-masing Polsek untuk mengawal logistik Pemilu  2024, mengingat pelaksanaan Pemilu  itu fokus di masing-masing Polsek di Kabupaten Situbondo,” pungkasnya.


Sekadar diketahui, selain pengamanan dari petugas kepolisian dan anggota TNI, pendistribusian logistik juga dikawal langsung oleh masing-masing PPK dan Bawaslu di masing-masing kecamatan.(ary)