Eskalasi Politik Memanas, BEM STKIP PGRI Situbondo Keluarkan Petisi Pemilu Damai

Iklan Semua Halaman

Eskalasi Politik Memanas, BEM STKIP PGRI Situbondo Keluarkan Petisi Pemilu Damai

05/02/2024

 

Situbondo(jurnalbesuki.com) - Menjelang pemilihan umum (Pemilu) tahuh 2024, eskalasi polisi makin memanas, sehingga untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu tahun 2024, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)  STKIP PGRI Situbondo, mengeluarkan petisi Pemilu damai.


BEM STKIP PGRI Situbondo, juga menghimbau kepada para mahasiswa, khususnya Civitas Akademika STKIP PGRI Situbondo,  agar tetap menjaga netralitas pada pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 14 Februari 2024 mendatang.


"Tujuan aksi hari ini (Senin red-), untuk mengawal pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 aman dan damai. Mengingat menjelang pelaksanaan  Pemilu banyak berita hoax yang  terkesan provokatif,"ujar Fuad Burhanul Bulqiah, ketua BEM STKIP PGRI Situbondo, Senin (5/2/2024).


Menurut dia, BEM STKIP PGRI Situbondo,  sengaja mengeluarkan petisi Pemilu 2024 aman dan damai, menjelang pelaksanaan Pemilu kontestasi politik makin memanas, dengan  eskalasi yang semakin mengkhawatirkan.


"Makanya, dengan petisi Pemilu damai, kami berharap pelaksanaan Pemilu tahun 2024 berjalan  sukses aman, damai dan  dengan Jurdil,"pungkasnya.


Enam petisi Pemilu damai BEM STKIP PGRI Situbondo.


1-Harus aktif menjaga situasi dan kondisi menjelang hari H Pilpres kondusif menjadi lebih bersifat demokrasi.


2-Menjunjung tinggi kebebasan berpendapat sebagaimana  konstitusi,  agar pilihan politik  yang beragam juga dihormati dan dihargai.


3- Menjaga netralitas kampus sebagai miniatur negara dengan barometer dan Iptek,  agar tidak terjadi provokatif dan intimidasi.


4-Tetap menjaga atmosfir  akademik yang sehat, dalam bingkai kebebasan dalam mimbar akademik yang bertanggung jawab.


5-Menjadi poros baru demi menegakan demokrasi dalam lingkungan civitas  akademika dan menerima perbedaan pilihan politik dalam suasana kekeluargaan.


6-Adanya player yang mengatasnamakan dosen STKIP Situbondo untuk mengajak menyampaikan keprihatinan, menyelamatkan demokrasi, dan tidak mewakili STKIP Situbondo sebagai institusi.

Demi keberlangsungan demokrasi marilah kita kuatkan nilai nilai patriotisme dan nasionalisme dalam rangka menyokong keutuhan NKRI,  juga mengabdi untuk bangsa dan negara.(ary)