Tuntut Gajinya Dibayar, Ratusan Buruh Luruk Kantor PT Satria Abadi Sentoso

Iklan Semua Halaman

Tuntut Gajinya Dibayar, Ratusan Buruh Luruk Kantor PT Satria Abadi Sentoso

02/01/2024


Situbondo(jurnalbesuki.com) - Ratusan buruh   PT Bina Satria Abadi Sentosa di Desa Lamongan, Kecamatan Arjasa, Situbondo, mendatangi kantor tempatntya bekerja, mereka menuntut perusahaan kayu lapis  tersebut untuk membayar gajinya.


Salah seorang buruh PT Satria Abadi Sentosa berinisial AN (26)  mengatakan, para buruh terpaksa mendatangi kantor tempat bekerja, karena gaji  para buruh tidak dibayar dengan alasan yang tidak jelas.


"Makanya para buruh sepakat untuk mendatangi kantor, untuk meminta tanggung jawabnya. Padahal untuk berangkat ke pabrik butuh BBM dan uang makan,"ujar AN, Selasa (2/1/2023).


Menurut dia, diakui  keterlambatan gaji bukan hanya kali ini. Bulan-bulan sebelumnya juga sering terjadi. "Bulan sebelumnya gaji memamg telat juga, tapi paling lama hanya lima hari. Sekarang sampai satu bulan," bebernya.


Lebih jauh perempuan berhijab menegaskan, seharusnya pihak kantor menjelaskan tentang keterlambatan membayar gaji, sehingga para buruh tidak melakukan aksi demo.


"Kami sudah melakukan demo. Sudah teriak-teriak agar dapat gaji. Saat demo juga percuma, tidak ada bagian dari kantor yang bisa memutuskan. Katanya masih nunggu kiriman uang dari pusat di kediri,"katanya.


Sementara itu, Faris salah seorang staf PT Satria Abadi Sentoso mengatakan, jika ratusan buruh mendatangi kantor, mereka pencairan gaji yang tidak dibayar. Bahkan, pihaknya langsung memfasilitasi para buruh tersebut.


"Begitu ratusan buruh menuntut pembayaran gajinya, saya langsung menghubungi pimpinan, namun kami masih belum mendapat informasi dari pimpinan  di pusat, mengingat pabrik kayu lapis di Situbondo cabang dari PT di Kediri,"katanya.(ary)