Hendak Bawa Kabur Mobil Rental di Bali, Tiga Pelaku Ditangkap

Iklan Semua Halaman

Hendak Bawa Kabur Mobil Rental di Bali, Tiga Pelaku Ditangkap

26/10/2023

Situbondo(jurnalbesuki.com) - Hendak membawa kabur mobil Toyota Avanza nopol DK 1253 ACG milik rental di Bali, tiga terduga pelaku ditangkap oleh petugas Polsek Kapongan, Situbondo, mereka ditangkap di jalan Raya Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Situbondo, Jawa Timur.


Petugas yang dipimpin langsung  IptuTeguh Santoso, juga berhasil  mengamankan barang bukti mobil toyota avanza berwarna hitam. Untuk proses hukum lebih lanjut, tiga pelaku dan barang bukti mobil rental langsung dibawa ke Mapolres Situbondo.


Tiga pelaku yang hendak menggelapkan mobil milik rental di Bali, yakni Moh Ainur (23) warga Desa/Kecamatan Mayang, Jember, Totok Suwarno (49) warga Desa/Kecamatan Banyuputih,  dan Arias Pranata (33) warga Desa Trigonco,  Kecamatan Asembagus, Situbondo.


Diperoleh keterangan, penangkapan terhadap tiga orang  pelaku yang hendak membawa kabur mobil    rental itu, berawal laporan  Nani Oktaria, salah seorang pengelola  rental di  Bali, yakni laporan melalui ponsel ke Polsek Kapongan, Situbondo, sehingga petugas langsung bergerak cepat, mengingat berdasarkan pelacakan GPS, mobil rental tersebut tetdeteksi posisinya ada di jalan desa Landangan.


Ironisnya, saat petugas tiba dilokasi kejadian, dua terduga pelaku langsung kabur ke areal tanaman jagung dilokasi kejadian, sehingga petugas yang dibantu warga sekitar langsung melakukan pengejaran. Bahkan, berkat kesigapan petugas dan warga, keduanya berhasil ditangkap. Selanjutnya, tiga terduga pelaku dan barang bukti mobil rental tersebut dibawa ke Mapolres Situbondo.


"Saat di lokasi kejadian, mobil dalam kondisi berhenti karena mesinnya tiba-tiba mati, sehingga  mereka sedang membuka dasboard dan kap, dan jok mobil untuk mencari posisi GPS, namun saat asyik mencari posisi GPS, kami datang ke lokasi kejadian,"ujar Iptu Teguh Santoso, Kapolsek Kapongan, Situbondo, Kamis (26/10/2023).


Menurut dia, begitu mengamankan tiga terduga pelaku, dan barang bukti mobil toyota avanza milik rental di Denpasar Bali, pihaknya langsung menyerahkan tiga terduga pelaku dan mobil rental tersebut  ke Satreskrim Polres Situbondo.


"Sebelum mengamankan tiga terduga pelaku, saya mendapat telepon dari pengelola rental di Denpasar Bali, jika posisi mobil rentalnya ada di jalan desa landangan. Makanya, saya dan anggota bergerak cepat ke lokasi kejadian,"katanya.(ary)