Gelar Kampanye Keselamatan Pelayaran, Bagikan Ratusan Life Jacket

Iklan Semua Halaman

Gelar Kampanye Keselamatan Pelayaran, Bagikan Ratusan Life Jacket

26/09/2023


 Situbondo(jurnalbesuki.com) - Gelar kampanye keselamatan pelayaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov Jawa Timur, membagikan ratusan life jacket dan peralatan keselamatan pelayaran gratis  kepada operator dan pemilik kapal, Selasa (26/9/2023).


Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di halaman depan Kantor Pelabuhan Kalbut, Situbondo itu, disaksikan langsung KSOP Kelas IV Panarukan, Situbondo, Muspika Mangaran, Sekretaris Dishub, perwakilan Basarnas, dan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya.


Kepala Bidang Pelayaran Dishub Pemprov Jatim Luhur Prihadi mengatakan, karena life jacket dan peralatan keselamatan  pelayaran itu, merupakan hal penting dalam berlayar.


"Makanya, dalam momen ini, kami menyerahkan bantuan life jacket dan peralatan keselamatan pelayaran. Mengingat keselamatan pelayaran merupakan kebutuhan dan tanggung kita bersama,"ujar Luhur Prihadi.


Menurut dia, keselamatan transportasi laut, harus dilaksanakan operator kapal kepada para  pengguna jasa. Bahkan, keselamatan pelayaran harus dijadikan prioritas utama.


"Kenyamanan dan keselamatan harus menjadi prioritas utama, jangan sampai gara-gara tidak ada perlengkapan keselamatan berlayar keselamatan para pengguna jasa diabaikan,"katanya.


Luhur menjelaskan, menaruh perlengkapan life jacket dan ringboy di kapal harus terjangkau. Jangan ditaruh ditempat yang sulit dijangkau dan ketika dibutuhkan harus membongkar atau mencari dengan susah payah. “Jadi, peralatan berlayar harus ditaruh di tempat yang terjangkau. Tetapi harus aman jangan sampai gampang hilang,”imbuhnya.


Lebih jauh Luhur berharap, pihaknya berharap, meski jumlah bantuan life jacket dan peralatan keselamatan berlayar minim itu, bisa menyelamatkan nahkoda dan pengguna jasa atau penumpang kapal. “Kami mengingatkan kepada para pemilik dan operator kapal agar selalu mengecek kapalnya secara berkala. Kalau sudah waktunya diperbaiki segera kapalnya di perbaiki jangan sampai nunggu kapal rusak,”pungkasnya.(ary)