Dua WNA Asal Prancis, Ikut Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Alun-alun Kota Situbondo

Iklan Semua Halaman

Dua WNA Asal Prancis, Ikut Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Alun-alun Kota Situbondo

17/08/2023


 Situbondo(jurnalbesuki.com) - Ada yang berbeda pada momen upacara pengibaran  bendera merah putih,  memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023 di Alun-alun Kota Situbondo, Jawa Timur, Kamis (17/8/2023).


Selain diikuti anggota Forkopimda, pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Situbondo, dan sejumlah elemen masyarakat Situbondo. Namun, upacara bendera dengan Irup Bupati Karna Suswandi, juga diikuti dua Warga Negara Asing (WNA) asal Prancis.


Dengan mengenakan pakaian adat Jawa dan Kalimantan, kedua WNA asal Prancis yang diketahui ibu dan anaknya, mereka duduk di kursi undangan VIP di Alun-alun Kota Situbondo. Bahkan, keduanya dideretan istri anggota Forkopimda dan istri para pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Situbondo.


Praktis, kehadiran dua WNA tersebut menjadi perhatian warga Kota Situbondo. Bahkan, tidak sedikit para istri pejabat Pemkab Situbondo, mereka minta foto bersama dengan dua WNA, yang mengenakan pakaian adat Jawa dan Kalimantan tersebut.


"Hampir sebulan kami berada di Indonesia, dan sekitar sepekan saya dan anak tinggal di Kota Situbondo," ujar Anne-Catherine Yon, Kamis (17/8/2023).


Menurutnya, dirinya pernah  tinggal di Kabupaten Situbondo selama delapan bulan, tepatnya  pada tahun 1998 lalu, dirinya tinggal. bersama keluarganya. Sehingga dirinya tidak asing lagi bertemu dengan warga Situbondo. 


"Senang dengan warga Situbondo, orangnya ramah, suka menyapa," katanya menggunakan bahasa Indonesia.


Anne tertarik mengikuti upacara HUT-RI karena melihat antusiasme masyarakat yang menghias rumah dan lingkungannya sedemikian rupa menggunakan pernak-pernik merah putih, mulai dari lampu maupun umbul-umbul.


"Banyak persiapan yang dilakukan oleh warga untuk menyambut ulang tahun kemerdekaan. Makanya saya tertarik mengikuti upacara," bebernya.


Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengaku bangga karena pada upacara HUT-RI tahun ini ada yang berbeda. Ada dua warga negara Perancis yang ikut upacara menggunakan baju adat. 


"Kami bangga sekali karena upacara memperingati hari kemerdekaan RI di Situbondo, juga diikuti oleh warga negara Perancis," ujar Bupati Karna Suswandi.


Bupati Karna Suswandi bersyukur karena pelaksanaan upacara berjalan dengan tertib dan lancar, itu karena persiapan dilakukan dengan matang, terutama oleh peserta Paskibraka.


"Alhamdulillah dalam memperingati HUT RI ke-78 berjalan dengan lancar dengan persiapan yang sangat matang,"pungkasnya.(ary)