Pengerjaan Tol Gending-Besuki, Ditarget Rampung Akhir Tahun 2024

Iklan Semua Halaman

Pengerjaan Tol Gending-Besuki, Ditarget Rampung Akhir Tahun 2024

02/06/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Sumail Abdullah, salah seorang anggota Komisi V DPR RI, memastikan pengerjaan konstruksi jalan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) tahap pertama, yakni konstruksi tol  Gending-Besuki sepanjang 49 kilometer ditarget rampung pada akhir tahun 2024.


"Mengingat pembebasan lahan  untuk tahap pertama jalan tol Gending-Besuki sudah mencapai 88  persen. Sehingga pembangunan konstruksi jalan tol sepanjang 49 kilometer ditargetkan  rampung pada akhir tahun 2024,"ujar Sumail Abdullah, Jumat (2/6/2023).


Menurut dia, hari ini (Jumat red-), pihaknya  melakukan tugas konstitusi, yakni melakukan kunjungan daerah pemilihan (Dapil), untuk melihat secara  langsung persiapan pembangunan sesi pertama  jalan tol Probowangi,dari Gending-Besuki,  karena sesuai amanat undang-undang, ada tiga fungsi DPR, penganggaran, pembuatan undang-undang dan melakukan fungsi pengawasan.


"Hari ini (Jumat red-), kami melakukan fungsi pengawasan untuk mengetahui  sejauh mana progres perkembangan  pembangunan  jalan total Probowangi, dan alhamdulillah   untuk sesi pertama Gending-Besuki progres  persiapan lahan sudah mencapai 88 persen,  dan Insya Allah bulan depan pembangunan fisik sudah bisa  dimulai,"kata Sumail Abdullah.


Legislator asal Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten  Banyuwangi menegaskan, berdasarkan informasi dilapangan, yang  menjadi hambatan dalam pembebasan lahan tol masih dalam persoalan sengketa lahan, yakni konflik antar keluarga saja terkait warisan.


"Kalau konflik sengketa lahan sudah diselesaikan diangka 100 persen, sehingga secara otomatis  pembangunan fisik pasti dilaksanakan. Sedangkan targetnya pada akhir 2024 jalan tol Gending-Besuki bisa digunakan seluruh warga Indonesia, yang diketahui merupakan transit Jawa,"katanya.


Lebih jauh pria yang akrab dipanggil Sumail menambahkan, secara umum pembebasan lahan tol sesi pertama sepanjang 49 kilometer, yakni  Gending-Besuki  hampir tidak ada kendala, karena sebanyak 56 persen lahan yang dibebaskan untuk pembangunan jalan tol tersebut milik Perhutani.


"Sedangkan untuk pembangunan jalan tol Besuki-Banyuwangi masih menunggu akhir tahun 2024. Namun yang pasti dalam  tahap percepatan,  sambil menunggu lembaga managemen aset negara yang memang menyiapkan dana untuk ganti untung bagi masyarakat,"pungkasnya.(ary)