Jelang Arus Mudik Lebaran 2023, Puluhan Sopir dan Kru Bus Jalani Tes Kesehatan

Iklan Semua Halaman

Jelang Arus Mudik Lebaran 2023, Puluhan Sopir dan Kru Bus Jalani Tes Kesehatan

13/04/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Menjelang arus mudik lebaran 1444  Hijriah, puluhan sopir dan kru  bus antarkota dan provinsi, menjalani tes kesehatan dan tes urine di terminal Kota Situbondo. 



Tujuannya, untuk menjamin dan memastikan para sopir dalam kondisi sehat dan bebas narkoba saat mengemudi, Kamis (13/4/2023).


Petugas gabungan antara Polres Situbondo dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Situbondo, dipimpin Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, yang didampingi Kasatlantas AKP Suwarno, 

juga memeriksa kelaikan bus angkutan lebaran antarkota dan antarprovinsi di terminal Kota Situbondo.


Satu per satu, para sopir dan krus bus angkutan lebaran  di terminal Kota Situbondo,  merekan bergantian menjalani pemeriksaan kesehatan oleh petugas gabungan dari Dinkes Kabupaten  Situbondo.


Bahkan, puluhan sopir dan kru bus  menjalani serangkaian pemeriksaan dari petugas gabungan. Meliputi pemeriksaan gula darah, tensi, berat badan, tinggi badan, tes urine, dan, kolesterol serta pengukuran lingkar perut.


“Kami sengaja memeriksa sopir dan bus angkutan lebaran. Tujuannya, untuk  memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang, dalam libur lebaran tahun 2023,” kata Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto.


Selain itu, pemeriksaan kesehatan dan tes urine ini juga untuk mengantisipasi penggunaaan obat terlarang atau doping di kalangan para sopir dan angkutan umum yang lain.


“Kegiatan seperti ini merupakan agenda rutin, dengan tujuan untuk menekan angka pengguna obat-obatan terlarang serta meminimalisir kasus terjadinya laka lantas antar para pengguna jalan. Utamanya di jalur Pantura Situbondo," imbuhnya.


Pria yang akrab dipanggil Dwi  menegaskan, dalam kegiatan tes kesehatan dan tes urine tersebut, petugas gabungan tidak menemukan adanya para sopir angkutan umum yang menggunakan narkoba dan obat terlarang yang lain.


”Selain itu, seluruh angkutan lebaran di terminal Kota Situbondo juga layak beroperasi,” pungkasnya.


Usai memantau pelaksanaan tes kesehatan para sopir dan kru bus, serta cek kondisi bus angkutan lebaran di terminal Kota Situbondo, Kapolres AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, yang didampingi Kasatlantas AKP Suwarno, membagikan paket sembako kepada para sopir MPU di terminal Kota Situbondo.(ary)