DPRD Situbondo, Dorong Pemkab Memberikan Insentif Ketua RT dan RW

Iklan Semua Halaman

DPRD Situbondo, Dorong Pemkab Memberikan Insentif Ketua RT dan RW

21/02/2023

Situbondo (jurnalbesuki.com) - Komisi III DPRD Kabupaten Situbondo, mendorong rencana Pemkab Situbondo, untuk memberikan insentif sebesar Rp500 ribu kepada ketua RT dan RW, yang akan diberikan setiap tahun, mengingat tugas pemerintahan paling bawah tersebut  sangat berat.


"Karena tugas ketua RT dan RW sangat berat, saya mendorong Pemkab Situbondo memberikan   insentif sebesar Rp500 ribu  setiap bulan, karena selama ini mereka hanya menerima Rp100 ribu,"ujar Johantono, Selasa (21/2/2023).


Anggota fraksi PKB DPRD Situbondo menambahkan, setiap hari pekerjaan RT bersinggungan langsung dengan masyarakat. Tugas yang dilaksanakan bahkan lebih berat dari pada pemerintah di atasnya. Sebab, RT dan RW merasakan langsung bagaimana problem yang ada di masyarakat.


"Untuk bisa kerja maksimal dengan resiko yang besar tentu kerja mereka tidak akan produktif. Maka untuk meingkatkan kualitas kerja, perlu ada kenaikan sumber penghasilan yang didapatkan. Agar mereka bisa lebih giat lagi bekerja,”bebernya. 


Lebih jauh  pria  yang dipanggil Johan menegaskan, jumlah  total ketua RT dan RW di Kabupaten Situbondo  sebanyak 3.345 orang. Itu tersebar di 17 Kecamatan, empat Kelurahan dan 132 desa. “Jadi kalau mau di jumlah secara total, satu tahun Pemkab Situbondo  hanya membutuhkan anggaran Rp 20 miliar untuk pemberian insentif. Jumlah tersebut cukup kecil, karena APBD kita hampir Rp  2 triliun,”katanya. 


Johan menambahkan, pihaknya berharap penyaluran insentif tersebut tidak harus melalui desa, melainkan langsung dikelola oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) yang bersumber dari APBD. “Selama ini insentif ketua RT/RW itu masuk ke dalam keuangan desa bersumber dari ADD . Maka kedepan keuangan tersebut disalurkan oleh DPMD dan langsung diserahkan kepada RT/RW. Apakah secara tunai ataupun melalui rekening,” jelasnya. 


Johan menegaskan, pihaknya sengaja mendorong penyaluran honor melalui DPMD Situbondo, karena selama ini ADD   tidak bisa digunakan seratus persen untuk pemberdayaan dan pembangunan fisik."Karena sebagian  keuangan ADD digunakan untuk memberikan insentif ketua RT dan RW,"pungkasnya.(ary)