Rekrutmen PPS, Ratusan Calon PPS Jalani Tahapan Tes Wawancara

Iklan Semua Halaman

Rekrutmen PPS, Ratusan Calon PPS Jalani Tahapan Tes Wawancara

19/01/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo,  terus melanjutkan rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS). Mulai kemarin, ratusan  calon anggota PPS  yang dinyatakan  lolos tes tulis, mereka  menjalani tahapan seleksi  tes wawancara.


Sesuai hasil seleksi tertulis, KPU Kabupaten Situbondo,  telah  mengumumkan sebanyak  824  calon anggota PPS  yang dinyatakan lolos dalam tahapan tes tertulis. Nantinya, mereka akan mengikuti tahapan lanjutan berupa tes wawancara.


“Selain digelar selama tiga hari, namun tahapan seleksi tes wawancara juga dilaksanakan di empat titik di Kabupaten Situbondo. Rinciannya, di Kecamatan Asembagus, Kota, Bungatan dan Kecamatan Banyuglugur,"ujar Marwoto, ketua KPU Situbondo, Kamis (19/1/2023).


Menurut dia, ratusan   peserta akan bersaing memperebutkan 408 kuota anggota PPS di Situbondo. Dimana, dibutuhkan 3 personil masing-masing  desa dari jumlah total sebanyak 136  desa/kelurahan di Kabupaten Situbondo.


"Sedangkan pengumuman peserta yang dinyatakan lolos sebagai anggota PPS, akan dilaksanakan pada 21 Januari. Untuk pelantikan sebanyak 408 anggota PPS akan dilaksanakan di GOR Situbondo pada 24 Januari 2023 mendatang,"katanya 


Lebih jauh Marwoto menegaskan, pihaknya berharap, melalui rekrutmen secara terbuka akan lahir penyelenggara Pemilu 2024 tingkat desa atau kelurahan yang memiliki integritas. 

“Karena sejatinya para PPS ini, adalah ujung tombaknya KPU dalam kesuksesan Pemilu tahun  2024 nanti,”pungkasnya.(ary)