Pertanyakan BLT DD Tahun 2022, Belasan Warga Luruk Kantor Desa Peleyan Situbondo

Iklan Semua Halaman

Pertanyakan BLT DD Tahun 2022, Belasan Warga Luruk Kantor Desa Peleyan Situbondo

16/01/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Belasan warga Desa Peleyan, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Senin (16/1/2023) mendatangi kantor desa setempat, mereka  menagih janji Kepala Desa (Kades) Munakip yang akan mengembalikan uang Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) yang dipinjam. 


Abdul Aziz, salah seorang perwakilan warga Desa Peleyan mengatakan, jumlah  total uang BLT DD yang dipinjam Kades Munakip sebesar Rp30 juta. "Sejumlah uang BLT DD pada bulan Desember 2022 lalu  untuk 100 KPM (Keluarga Penerima Manfaat -red)," ujarny


Menurut dia, Munakip selaku  Kades  berjanji akan  mengembalikan uang tersebut pada tanggal 16 Januari 2023. Namun faktanya hingga kini uang BLT DD tersebut belum diberikan kepada para KPM. 


"Sebelumnya  dia  mau dikembalikan di bulan ini (Januari -red). Saya selaku perwakilan warga bersyukur, karena BLT DD itu kan wajib hukumnya. Harus tersalurkan ke masyarakat, kalau tidak tersalurkan gimana gitu?,"bebernya.


Lebih jauh Azis menambahkan, jika  hingga akhir  bulan Januari 2023, Kades Munakip tidak  mengembalikan uang BLT DD tersebut, maka warga Desa Peleyan akan menempuh jalur hukum. "Kalau dia ingkar janji,  kita kembali akan menempuh jalur  hukum, yakni akan dilaporkan ke APH,"bebernya. 


Sementara itu, Kades Peleyan, Kecamatan Panarukan, Munakip, mengakui kalau uang BLT DD sebesar Rp30 juta tersebut ia pakai untuk keperluan pribadi. "Saya ngakui memang uang itu saya pinjam. Tetapi saya bilang tadi bulan ini saya pastikan ada uangnya,"bebernya.(ary)