Jual Kue dan Hasil Kerajinan, Lapak WBK Rutan Situbondo Diserbu Pembeli

Iklan Semua Halaman

Jual Kue dan Hasil Kerajinan, Lapak WBK Rutan Situbondo Diserbu Pembeli

30/01/2023


 Situbondo (jurnalbesuki.com) - Ada yang lain dalam kegiatan Car Free Day (CFD), yang dilaksanakan setiap minggu pagi di Kota Situbondo. Pasalnya, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBK) Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Situbondo, juga membuka lapak dalam momen CFD tersebut, Minggu (29/1/2023).


Selain menjual berbagai jenis  kue hasil produk unggulannya dalam pelatihan memasak, seperti kue  bronies alpukat, pie bronies, rainbow cake gulung, bronies bento, dan  korean bread/roti boy, namun para WBK Rutan Kelas IIB Situbondo, juga menjual beberapa kerajinan rotan sintetis.


Pantauan Jurnalbesuki  dilapangan, lapak WBP Rutan kelas IIB Situbondo diserbu para pembeli, sehingga hanya dalam jangka waktu sekitar dua jam, sejumlah kue hasil produk unggulan  pelatihan memasak habis. Selain itu, hasil kerajinan rotan sintetis para WBP  juga diketahui banjir order.


Bahkan, puluhan warga Kota Situbondo, mereka  rela antri  untuk membeli berbagai jenis panganan yang dijual  di lapak WBP Rutan Kelas IIB Situbondo. 


"Alhamdulillah, semua jenis kue habis terjual, kerajinan rotan sintetis  hasil kerajinan para WBP juga banyak yang order,"ujar Rudi Kristiawan, Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Minggu (29/1/2023).


Menurut dia,  hasil dari penjualan pada momen CFD itu,  akan dijadikan modal dalam melaksanakan produksi dan penjualan secara berkelanjutan, yakni  setiap  pelaksanaan CFD yang dilaksanakan setiap minggu pagi.


"Selain itu, dalam kegiatan tersebut, kami melibatkan 4 WBP yang sudah memenuhi syarat untuk  keluar melalui sidang TPP,  dan pengawalan ketat dari seluruh petugas  Rutan Situbondo dibantu dengan petugas Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Situbondo,"bebernya.


Pria yang akrab dipanggil Rudi berharap, kegiatan ini merupakan 

pembinaan kemandirian dan keterampilan ini,  sebagai bentuk pembinaan bakat dan keterampilan memasak untuk dipersiapkan WBP kembali berperan aktif dalam masyarakat.


"Selain itu  juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan WBP,  untuk mencari penghidupan yang halal, mempunyai jiwa dagang dan bisnis,"pungkasnya,.(ary)