Kendalikan Inflasi, Pemkab Jember Bagikan Bibit Cabai dan Bawang Merah

Iklan Semua Halaman

Kendalikan Inflasi, Pemkab Jember Bagikan Bibit Cabai dan Bawang Merah

12/12/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Pemerintah Kabupaten Jember melakukan terobosan baru untuk menekan Inflasi yang terjadi. Salah satu caranya dengan menyebarkan bibit tanaman cabai dan bawang merah kepada masyarakat secara gratis. Pengadaan bibit tersebut dikomandani oleh Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan.


Bupati Jember Hendy Siswanto yang didampingi Wakilnya KHM Balya Firjaun Barlaman mengatakan bibit yag dibagikan gratis itu diharapkan bisa memberikan nilai plus kepada masyarakat agar memiliki nilai ekonomis. "Bibit itu harus ditanam dan dirawat sampai bisa dipanen dan menghasilkan uang," ujar Hendy Siswanto disela acara bagi-bagi bibit gratis di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Jember, Minggu 11 Desember 2022.


Bibit Cabai dan Bawang Merah yang dibagikan gratis itu merupakan komponen kebutuhan dalam rumah tangga yang memiliki harga lumayan berpengaruh dalam pengendalian inflasi yang terjadi "Sehingga jika tanaman ini dibudidayakan dengan baik maka akan jadi pengendali efektif," ujar Hendy.


Dalam pengendalian inflasi itu, beberapa upaya lain yang juga dilakukan Pemkab Jember dalam mengendalikan inflasi yaitu dengan menggelar pasar murah menjelang Natal dan Tahun Baru, penggratisan angkutan kota di jam-jam tertentu, pelaksanaan berbagai event besar yang melibatkan UMKM dapat berjualan sehingga menambah pemasukan ekonomi warga, hingga pemberdayaan masyarakat untuk menjadi wirausaha baru.


“Mari saling gotong royong kita kuatkan perekonomian Jember,” ajak Hendy. (hans)