BPBD Jawa Timur Klaim Tak Ada Korban Jiwa Erupsi Gunung Semeru

Iklan Semua Halaman

BPBD Jawa Timur Klaim Tak Ada Korban Jiwa Erupsi Gunung Semeru

05/12/2022

Gunung Semeru Erupsi Lagi (foto. Istimewa)

 Surabaya (jurnalbesuki.com) - Ketua Kalaksa BPBD Jawa Timur Gatot Subroto mengklaim tidak ada korban jiwa pada kejadian erupsi Gunung Semeru pada tanggal 04 Desember 2022 kemarin. Pernyataan itu didasarkan pada laporan yang masuk ke lembaganya sejak erupsi terjadi. 


Gatot berharap erupsi tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa lagi. Pengalaman kejadian tahun lalu sudah cukup meberikan pelajaran dan pengalaman kepada semua pihak terutama warga sekitar kejadian. 


"Insyaallah sampai saat ini masih belum ada korban jiwa dan mudah-mudahan dengan pengalaman yang dimiliki masyarakat dari kejadian sebelumnya semoga masyarakat lebih paham dan mengerti cara menyelamatkan diri serta bagaimana dan apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika terjadi erupsi," katanya sebagaimana dilansir detikJatim, Minggu (4/12/2022).


Meski demikian, Gatot tetap memberikan himbauan kepada masyarakat di radius tak aman Semeru memakai masker dan segera mengungsi ke tempat yang lebih aman sesuai dengan imbauan pemerintah dan BPBD setempat.


"Untuk saat ini baik BPBD Jatim, BPBD Kabupaten Lumajang, relawan maupun TNI dan Polri melakukan imbauan kepada masyarakat untuk menggunakan masker dan segera mengungsi ke tempat yang sudah ditentukan. Mengingat perkembangan dari Gunung Semeru terus naik," ujarnya.


Tempat pengungsian untuk warga juga telah disiapkan di sekolah, kelurahan dan lainnya. Namun jika jumlah pengungsi membludak, akan dibuatkan tempat pengungsian semi permanen. Jumlah pengungsi saat ini juga belum terlalu banyak.


"Tapi pergerakan terus untuk pengungsian. Kalau semakin tinggi aktivitas Gunung Semeru, maka akan terus jumlah pengungsian di tempat-tempat yang sudah ditentukan," katanya.(detik/hans)