Karena Terlilit Hutang, Pria Jember Ini Nekat Merampok Toko emas

Iklan Semua Halaman

Karena Terlilit Hutang, Pria Jember Ini Nekat Merampok Toko emas

29/11/2022

Konfrensi pers Polres Jember terkait perampokan toko emas.(foto.istimewa)

 Jember (jurnalbesuki.com) - Pelaku perampokan Toko yang beraksi beberapa hari lalu dan berhasil menggondol perhiasan emas senilai 2 Kilogram dan uang Rp. 19 Juta berhasil ditangkap aparat kepolisian. Pria itupun digelandang ke Polres Jember untuk menjalani proses hukum dan mempertanggung jawabkan perbuatannya.


Kepada petugas yang memeriksanya, Pelaku yang dikenal warga bernama Suryanto (39) itu mengakui perbuatannya. Aksi nekat yang dilakukan itu akibat banyak hutang dan sering ditagih. "Tersangka sedang banyak hutang terutama diwarung-warung dan waktunya melunasi.," Papar Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo kepada sejumlah wartawan pada senin (28/11/2022).


Hery menceritakan berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengakuan pelaku, Suryanto (39) bekerja sebagai penjaga malam atau biasa dikenal dengan sebutan waker. Penghasilan yang diperolah dari pekerjaan itu tidak bisa mencukupi kebutuhan rumah tangganya. "Akhirnya dia berhutang kesana sini terutama diwarung," tambah Hery.


Hutang itu semakin lama semakin menumpuk dan mulai ditagih oleh pihak yang memberikan pinjaman. Suryanto merasa kesulitan untuk membayar karena tidak punya uang. Pikirannya menjadi gelap dan nekar melakukan perampokan. "Diapun akhirnya nekat merampok dengan harapan hasilnya bisa dibuat untuk membayar hutang di warung-warung," ungkap Hery.


Sebagaimana diberitakan, Toko Emas Murni jalan Sultan Agung Jember Jember dirampok pada pagi sekitar pukul 04.00 WIB. Pelaku berhasil membawa kabur perhiasan dari emas sekitar 2 Kilogram dan uang tunai sekitar 19 Juta rupiah. Kejadian itu langsung ditangani pihak kepolisian dan pelaku yang merupakan warga Patrang Jember berhasil ditangkap. Ketika ditangkat, pelaku sedang berada dirumah Kaliwates Jember. (yeni)