Presiden Jokowi: Kita Harus Betul-betul Mengamalkan Pancasila

Iklan Semua Halaman

Presiden Jokowi: Kita Harus Betul-betul Mengamalkan Pancasila

01/06/2022

Jakarta (jurnalbesuki.com) - Presiden RI Joko Widodo mengajak semua masyarakat agar selalu menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan. Presiden juga mengajak agar penerapan nilai Pancasila selalu menjadi semangat dalam menjalankan tata pemerintahan.


Presiden Joko Widodo mengajak semua pihak mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu, Presiden pun mengajak menerapkan nilai Pancasila dalam tata pemerintahan. 


Ajakan itu disampaikan Jokowi dalam sambutannya saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Ende, NTT, sebagaimana disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/6/2022).  


"Saya selalu ingatkan kita harus selalu betul-betul mengamalkan Pancasila, dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa," ujar Jokowi.  


"Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sehagai ideologi. Manfaatnya dirasakan seluruh tumpah darah Indonesia," lanjutnya. 


Jokowi pun menuturkan, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan masyarakat Indonesia. 


Menurutnya, Pancasila merupakan bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. "Dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa berdiri kokoh menjadi negara kuat karena kita sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," kata presiden.


Oleh karenanya, Presiden mengajak seluruh pemimpin bangsa, terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh organisasi masyarakat serta tokoh-tokoh lain menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.


 "Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, dalam mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan," tambah Jokowi.(kompas/hans)