Pantai Plengkung Untuk Lomba Selancar WSL disebut Paling Baik dan Bergensi

Iklan Semua Halaman

Pantai Plengkung Untuk Lomba Selancar WSL disebut Paling Baik dan Bergensi

06/06/2022


 Banyuwangi (jurnalbesuki.com) - Pantai Plengkung Banyuwangi yang dikenal dengan sebutan G-land disebut para peserta World Surfing League (WSL) Championship sebagai lokasi lomba yang terbaik dan paling bergengsi didunia.


Lomba Selancar sedunia yang digelar pada 28 Mei - 4 Juni 2022 itu benar-benar disanjung dan mendapatkan apresiasi baik dari peserta maupun penyelenggara WSL. WSL sebagai pihak penyelenggara menyebut bahwa penyelenggaraan WSL di Banyuwangi, salah satu penyelenggaraan terbaik selama ajang prestisius tersebut berlangsung di berbagai negara.


Demikian diungkapkan General Manager WSL Asia Pasifik, Andrew Starky saat acara penutupan kompetisi di G-Land, Banyuwangi pada Sabtu (4/6/2022) yang dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. "Saya berharap untuk kembali lagi ke sini (Banyuwangi) tahun depan," kata Andrew, Minggu (5/6/2022).


Andrew menyatakan penyelenggaraan WSL di Banyuwangi merupakan salah satu penyelenggaraan terbaik selama ini. "Kami sangat senang di Banyuwangi. Ini salah satu penyelenggaraan terbaik WSL selama ini. Kami mendapat sambutan yang sangat meriah di sini. Terima kasih Banyuwangi, terima kasih Indonesia atas dukungannya," jelas Andrew.


World Surf League (WSL) Championship Tour di Banyuwangi sendiri dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, pada 27 Mei 2022. WSL Championship Tour 2022 digelar di sejumlah pantai terpilih, sejak Januari 2022 dan bakal berakhir Agustus 2022. Di antaranya di Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal, dan Tahiti.


G-Land juga meninggalkan kesan tersendiri bagi para peselancar mancanegara. Berada di kawasan hutan di Taman Nasional Alas Purwo, G-Land dikenal dengan ombaknya yang merupakan salah satu terbaik di dunia.


"Amazing surfing. Tempatnya menyenangkan," begitu disampaikan Fillpe Toledo peselancar asal Brasil yang saat ini menduduki peringkat satu dunia.


Hal yang sama juga diungkapkan oleh pemenang nomor perempuan WSL Championship Tour Quiksilver Pro G-Land, Johanne Defay, peselancar Prancis. Atlet dengan peringkat ketiga pada rangkaian WSL Championship Tour ini mengaku jika G-Land merupakan salah satu pantai dengan ombak terbaik yang pernah dijajalnya.


"Ombak di G-Land benar-benar luar biasa. Semua peselancar benar-benar menunggu ombak bagusnya G-Land," ungkap atlit kelahiran 1993 itu.(aly)