Khusus Kaum Hawa, Cara Membuat Masker Wajah Dari Pisang

Iklan Semua Halaman

Khusus Kaum Hawa, Cara Membuat Masker Wajah Dari Pisang

12/06/2022


 jurnalbesuki.com - Selain menawarkan rasa yang lezat, pisang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu efek kesehatan yang diberikan adalah kemampuannya merawat kulit dan rambut. Tak mengherankan, pisang banyak dimasukkan dalam daftar perawatan kulit.


Melansir Taste of Home, pisang adalah buah yang kaya akan potasium dan vitamin A, B6, dan C. Kandungan-kandungan nutrisi itu baik untuk kesehatan kulit dan rambut, mulai dari melembabkan, mengencangkan, hingga mencerahkan. Hal ini membuat banyak orang memanfaatkan pisang sebagai masker wajah.


Pembuatan masker wajah pisang sejatinya mudah dan praktis. Bahan dan alat-alat yang diperlukan sebagian besar mudah ditemukan. Dengan demikian, masker wajah pisang dapat dibuat sendiri di rumah. Dilansir Treehugger, berikut adalah bahan, alat, dan tahapan-tahapan membuat masker wajah dari pisang:


Bahan:


1 buah pisang matang

1 sdm madu

1 sdm yoghurt

1 sdm gandum

Langkah-langkah pembuatan:


1. Siapkan wadah atau mangkok untuk tempat masker.

2. Haluskan pisang yang sudah matang menggunakan garpu. Tumbuklah pisang sampai benar-benar halus. Setidaknya penghalusan pisang ini membutuhkan waktu sekitar satu menit atau lebih.

3. Masukan bahan-bahan lain, seperti madu dan yoghurt, ke adonan pisang satu persatu. Aduklah hingga tercampur rata. Adonan masker telah siap digunakan.

4. Bila adonan masker dirasa terlalu lengket, bisa menambahkan air untuk mengencerkannya.


Aplikasikan masker pisang ke wajah yang kering. Setelah itu diamkan beberapa menit (10-15 menit) agar masker terserap secara maksimal ke dalam kulit.


Untuk membersihkan masker, gunakan kain basah bersih untuk diusapkan ke wajah. Masker tidak perlu mengering untuk siap dilepas. Selanjutnya, gunakan pelembap, serum atau krim apa pun yang biasa digunakan setelah mencuci muka.(tempo/hans)