Kerugian Akibat Kebakaran 3 Gudang Tembakau PTPN X Ajung Capai Ratusan Juta

Iklan Semua Halaman

Kerugian Akibat Kebakaran 3 Gudang Tembakau PTPN X Ajung Capai Ratusan Juta

04/05/2022


 Jember (jurnalbesuki.com) - Kerugian yang diderita pihak PTPN X akibat kebakaran yang menghanguskan 3 unit gudang penyimpanan tembakau kemaren Selasa (03/04/2022) diperkirakan capai ratusan juta rupiah. 


Kapolsek Ajung Iptu Agus Idham Kholik menyatakan untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. "Namun diperkirakan kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai kisaran Rp. 350 juta," ujarnya.


Peristiwa kebakaran itu terjadi kemaren sekitar pukul 11.00 WIB siang hari. Berdasarkan kesaksian dan keterangan dari beberapa saksi, kobaran api pertama diketahui oleh seorang pekerja bernam siah yang saat itu sedang beristirahat dilokasi pembibitan.


Melihat api yang berkobar diatap gudang bagian itu, Siah berteriak memanggil teman-teman dan diajak untuk memadamkan api yang sudah berkobar besar. 


Petugas Damkar baru bisa memadamkan api sekitar 45 menit kemudian. Meski demikian tiga gudang tersebut telah ludes. Ini karena dinding gudang dari bambu dan beratap daun tebu.


Sebelumnya, tiga gudang tembakau milik PTPN X di Dusun Renes, Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Jember ludes dilalap api. Tak ada korban jiwa dari peristiwa itu.


"Peristiwanya terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Yang terbakar tiga gudang milik PTPN X," kata Kapolsek Ajung Iptu Agus Idham Khalid, Selasa (3/5/2022).


Menurut Agus, kebakaran gudang tembakau diketahui pertama kali oleh warga bernama Siah. Kala itu, Siah sedang beristirahat di lokasi pembibitan.(hans)