Hebat, Banyuwangi Akan Gelar LIga Selancar Ombak Dunia

Iklan Semua Halaman

Hebat, Banyuwangi Akan Gelar LIga Selancar Ombak Dunia

12/05/2022


 Banyuwangi (jurnalbesuki.com) - Dalam waktu tak lama lagi, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur akan menggelar kejuaraan kelas dunia. Liga yang akan digelar mulai tanggal 24 Mei - 4 Juni 2022 itu adalah Liga Selancar Ombak Dunia  atau World Surf Laegue (WSL). Liga tersebut akan dipusatkan di Pantai Plengkung Banyuwangi.


Lokasi kegiatan lomba langsung ditinjau Bupati Ipuk Fiestiandani untuk memastikan kesiapan liga bergengi tersebut.  "Pada Selasa (10/5) kemarin, kami datang ke Pantai G-Land untuk melihat langsung persiapan WSL. Apa yang menjadi kendala dan apa yang bisa kami bantu, dan apa-apa yang perlu dipercepat," kata Bupati Ipuk di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.


Dia mengemukakan liga selancar memberikan dampak yang luas bagi pariwisata tidak hanya bagi Banyuwangi, namun juga Indonesia. Sehingga perlu mempersiapkan secara matang, karena ini momentum pemulihan ekonomi, dan dampaknya ke depan akan luar biasa bagi Banyuwangi.


Di Pantai Plengkung (G-Land), Ipuk meninjau pembangunan judge tower yang salah satunya terletak di laut. Tower itu digunakan sebagai tempat juri melakukan penilaian.


Bupati Ipuk menanyakan progres pengerjaan pelaksana pembangunan judge tower yang terus dikerjakan.


"Pihak pelaksana optimistis tidak lama lagi pembangunan judge tower sudah selesai," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Nuryadi mengatakan bahwa pihaknya siap membantu segala yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan event internasional tersebut, dan juga terus melakukan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam pelaksanaan kejuaraan selancar dunia itu.


"Ya kami terus komunikasi dengan PLN untuk kelistrikan dan juga penyedia jaringan internet. Karena nanti akan ada live streaming pelaksanaan lomba dari judge tower yang ada di laut. Masyarakat bisa menyaksikan langsung. Kalau yang di lokasi kami sediakan giant screen," katanya.


Usai meninjau lokasi, Bupati Ipuk juga menggelar rakor bersama lintas sektoral yang dipimpin langsung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves). Dipimpin Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kosmas Harefa.


Rakor diikuti Kemenpora, Kementerian Pariwisata dan Ekraf, Kementerian PUPR, Kementerian Kominfo, Kementerian LHK, TNI/Polri, PSOI (Persatuan Selancar Ombak Indonesia), Pemprov Jatim, Telkom dan Telkomsel, PLN, dan Pertamina.


"Seluruh pihak harus bisa bergerak cepat, kita bahas secara intens mana-mana yang perlu diakselerasi. Ini momen yang sangat baik untuk kebangkitan ekonomi nasional," kata Kosmas.


World Surf League (WSL) Championship Tour 2022 digelar pada sejumlah pantai terpilih, sejak Januari 2022 dan bakal berakhir Agustus 2022. Di antaranya di Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Jawa Timur, Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal, dan Tahiti. (antaranews/hans)