Awas, 5 Jenis Masakan Berikut Tidak Boleh Dipanaskan Ulang Karena Akan Beracun

Iklan Semua Halaman

Awas, 5 Jenis Masakan Berikut Tidak Boleh Dipanaskan Ulang Karena Akan Beracun

04/05/2022


 jurnalbesuki.com - Terkadang demi penghematan, masakan matang yang tersisa dirumah dipanaskan kembali agar terasa nyaman saat dimakan lagi. Bahkan terkadang ada beberapa jenis masakan yang justru semakin terasa nyaman dinikmati jika sudah dipanaskan ulang melebihi rasa nikmat saat dimasak pertama kalinya.


Tetapi para pakar Gizi tidak merekomendasikan tindakan pemanasan ulang masakan tersebut. Pasalnya, menurut analisa para ahli jika masakan dipanaskan ulang, ada kemungkinan mengandung unsur racun yang relatif berbahaya bagi tubuh. Selain itu juga pemanasan ulang diklaim sebagai penghilangan unsur gizi yang terkandung dalam makanan itu.


Mungkin untuk beberapa makanan masih aman untuk dikonsumsi. Namun, ada beberapa jenis makanan tertentu ternyata berisiko menjadi beracun jika dipanaskan lagi.


Kebiasaan Memanaskan Kembali 


Ahli gizi dari Weight Loss Clinic, Lokendra Tomar menjelaskan kebiasaan memanaskan kembali makanan akan mengurangi nilai gizi atau nutrisi yang terkandung. Padahal, nutrisi lengkap dari makanan sangat dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi normal. 



“Jangan pernah memanaskan kembali makanan (berprotein tinggi) karena cenderung kehilangan nilai gizi hingga berpotensi meracuni,” ujar Tomar, seperti dikutip Tempo dari NDTV Food pada Selasa, 3 Mei 2022. 


Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali karena berisiko menjadi beracun: 


Sayuran Kaya Nitrat Tinggi 

Beberapa sayuran yang kaya akan kandungan nitrat tinggi, di antaranya bayam, wortel, lobak, bahkan seledri. Hindari memanaskan kembali sayuran kaya nitrat ini karena dapat melepaskan sifat karsinogenik yang dapat berubah menjadi racun, seperti dilansir dari situs My Recipes. Bayam, misalnya, mengandung jumlah zat besi tinggi jika dipanaskan kembali menghasilkan radikal bebas berbahaya. 


Nasi 

Mengkonsumsi nasi yang dipanaskan kembali berisiko menyebabkan keracunan. Hal ini disebabkan oleh adanya bakteri yang sangat resisten bernama Bacillus Cereus. Melansir National Health Service, Inggris, setelah nasi dipanaskan kembali dan didiamkan pada suhu kamar, spora di dalamnya berkembag biak. Seiring waktu, berubah menjadi bakteri atau racun yang membuat nasi tidak aman untuk dikonsumsi. 


Jamur 

Berdasarkan hasil penelitian PannState Extention, jamur bisa menjadi beracun ketika dipanaskan kembali karena rentan terhadap mikroorganisme. Memanaskannya kembali, justru menghasilkan racun yang mengandung nitrogen teroksidasi dan radikal bebas. Idealnya, masakan jamur sesegera mungkin dikonsumsi setelah disiapkan. 


Kentang 

Cemilan yang berasal dari bahan baku kentang bisa menjadi pengganti nasi karena kaya akan karbohidrat. Namun, menurut para ahli kesehatan, makanan ini tidak boleh dipanaskan kembali karena dapat memunculkan bakteri langka bernama Clostridium Botulinum. 


Telur Rebus 

Seperti diketahui, telur adalah sumber protein tinggi. Namun, mengkonsumsi telur rebus dapat menyebabkan penyakit serius ketika dipanaskan kembali.


Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menyatakan, kandungan nitrogen dalam telur bisa teroksidasi saat proses pemanasan ulang. Hal ini, kemudian menyebabkan racun yang merusak sistem pencernaan. 


Demikian 5 makanan yang berisiko menjelma beracun tatkala dipanaskan kembali (masak ulang). (tempo/hans)