Lengkapi Program Bilaperdu, Kini Banyuwangi Lounching Program Layanan Alsintan Terintegrasi

Iklan Semua Halaman

Lengkapi Program Bilaperdu, Kini Banyuwangi Lounching Program Layanan Alsintan Terintegrasi

23/04/2022


Banyuwangi (jurnalbesuki.com) - Upaya untuk mendorong produktifitas kaum petani dengan segala produksinya, Dinas Pertanian setempat kembali membuat gebrakan yaitu dengan meluncurkan Program Jasa Pelayanan Jasa Usaha Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Terintegrasi.


Program itu juga dikenalkan dengan Sebutan Playu Anter. Fungsi dan tujuannya adalah untuk mengintegrasikan Pelayanan konsultasi pertanian dengan penerapan budidaya modern menggunakan sistem Alsintan.


Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, mengatakan Playu Anter merupakan pengembangan dari program E-Bilaperdu (Elektronik Mobil Layanan Pertanian Terpadu) yang telah berjalan sebelumnya. Program ini merupakan pelayanan jemput bola atas berbagai masalah pertanian yang dialami oleh petani.


Layanan ini menggunakan mobil yang telah disulap menjadi klinik berjalan untuk menangani beragam masalah pertanian dan peternakan. Seperti hama wereng di musim penghujan, masalah irigasi, dan mengatasi ternak yang sakit.


Para petani bisa berkonsultasi tentang berbagai permasalahan pertanian melalui aplikasi e-Bilaperdu yang bisa diunduh melalui playstore.


“Fasilitas ini sedang dalam tahap pengembangan. Ke depan, selain petani bisa berkonsultasi masalah pertanian, mereka juga bisa mengakses layanan jasa alsintan untuk mendukung kegiatan budidaya, mulai dari hulu hingga hilir,” kata Ipuk saat meninjau langsung pelaksanaan program Playu Anter di sela-sela kegiatan Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa) Aliyan, Kecamatan Rogojampi.


Layanan yang ditawarkan program Playu Anter meliputi, jasa penggunaan traktor, green seeder untuk persemaian, transplanter untuk penanaman benih, serta combine harvester untuk memanen padi.(aly)