Cara Merawat Tanaman Bunga Melati Agar Sehat dan Berbunga Lebat

Iklan Semua Halaman

Cara Merawat Tanaman Bunga Melati Agar Sehat dan Berbunga Lebat

24/04/2022


 jurnallbesuki.com - Bunga melati merupakan jenis tanaman berbunga yang sangat familiar digandrungi banyak kalangan. Selain memiliki kecerahan warna yang bagus, melati juga memiliki aroma harum yang relatif tahan lama.


Jika kamu merawat tanaman bunga melati di rumah, pastikan untuk membuatnya berbunga lebat. Saat tanaman bunga melati berbunga lebat, hal ini akan memberikan tampilan yang lebih indah dan maksimal.


Dikutip dari channel YouTube Berkebun Bunga, Minggu (24/4/2022), berikut ini cara merawat tanaman bunga melati agar berbunga lebat.


Lakukan pemangkasan (pruning) Langkah awal untuk membuat bunga melati berbunga lebat adalah dengan melakukan pemangkasan atau pruning. Jadi, potong pucuk-pucuk tanaman bunga melati menggunakan gunting tanaman yang sudah disterilkan. Proses pemangkasan bertujuan untuk memengaruhi pertumbuhan bakal bunga melati nantinya agar dapat berbunga lebat. 


Lakukan stress air


Selanjutnya, lakukan stress air atau membiarkan tanaman bunga melati tidak diairi dalam waktu tertentu. Lakukan stress air selama lima hari atau lebih (tergantung cuaca). Intinya lakukan stress air sampai media tanam tanaman bunga melati kering. 


Beri pupuk NPK


Setelah melakukan pemangkasan pucuk bunga dan media tanam tanaman bunga melati sudah kering atau agak kering, kamu bisa memberikan pupuk NPK.


Berikan dua sendok makan pupuk NPK ke media tanam untuk satu pot tanaman bunga melati yang berukuran cukup besar.


Pupuk NPK yang digunakan adalah pupuk NPK yang memiliki kandungan P atau fosfor yang tinggi.


Lakukan penyiraman Seusai diberi pupuk NPK, siram tanaman bunga melati dengan menggunakan air bersih agar pupuk larut lebih cepat ke media tanam. 


Dalam kurun waktu sekitar 2-3 minggu, bunga melati akan memunculkan kuntum atau bakal bunga melati yang begitu banyak.

(sumber:kompas.com/hans)