Buah Sirsak, Selain Segar Ternyata Ampuh Obati Bisul dan Kanker

Iklan Semua Halaman

Buah Sirsak, Selain Segar Ternyata Ampuh Obati Bisul dan Kanker

18/04/2022


 jurnalbesuki.com - Buah sirsak sangat banyak dipasaran dan buah hal asing bagi kita. Hanya saja, mungkin selama ini kita hanya fous pada rasa buahnya yang segar dan nikmat saat dikonsumsi.


Padahal sirsaka selain enak dimakan, ternyata juga banyak mengandung manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dengan cara yang benar.


Sirsak adalah salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kulit buah sirsak berwana hijau dengan duri kecil di kulitnya serta memiliki daging yang berwarna putih bertekstur creamy. 


Tidak hanya daging buahnya saja yang dapat dikonsumsi, daun pada pohon sirsak juga sering digunakan sebagai obat tradisional bagi sebagian orang. Dilansir dari Healthline, sirsak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh seperti membunuh sel kanker, melawan bakteri, hingga mengontol gula darah. Lantas, apa saja kandungan nutrisi dan manfaat buat sirsak?


Kandungan nutrisi sirsak 


Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang ada pada seporsi sirsak mentah seberat 100 gram: 

1. Kalori: 66 

2. Protein: 1 gram 

3. Karbohidrat: 16,8 gram 

4. Serat: 3,3 gram 

5. Vitamin C: 34 persen dari kebutuhan harian tubuh 

6. Kalium: 8 persen dari kebutuhan harian tubuh 

7. Magnesium: 5 persen dari kebutuhan harian tubuh 

8. Tiamin: 5 persen dari kebutuhan harian tubuh 


Selain nutrisi di atas, sirsak juga mengandung sejumlah kecil niasin, riboflavin, folat dan zat besi.


Manfaat buah sirsak 


1. Bersifat antioksidan 

Sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Antioksidan dapat berperan dalam mengurangi risiko beberapa penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. 

2. Membunuh sel kanker Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi buah sirsak dapat membantu menghilangkan sel kanker, mengurangi ukuran tumor dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Selain itu, efek ekstrak sirsak pada sel leukimia dapat menghentikan pertumbuhan dan pembentukan sel kanker.


3. Melawan bakteri 


Selain mengandung antioksidan yang tinggi, ternyata sirsak juga bersifat antibakteri yang kuat. Terdapat penelitian yang menguji ekstrak sirsak dengan berbagai macam bakteri penyebab penyakit mulut. 


Secara mengejutkan sirsak efektif membunuh beberapa jenis bakteri, termasuk strain yang menyebabkan radang gusi, kerusakan gigi dan infeksi jamur. 


4. Mengurangi peradangan 


Mengonsumsi sirsak dapat membantu melawan peradangan pada tubuh. Selain itu juga terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak sirsak dapat mengurang pembengkakan. 


Peradangan merupakan respons imun tubuh terhadap cedera. Jika peradangan sudah kronis maka bisa menyebabkan suatu penyakit. 5. Mengontrol kadar gula darah Dilansir dari Medical News Today, sirsak dapat membantu seseorang mengontrol kadar gula darah, terlebih bagi penderita diabetes. 


Terdapat studi yang menemukan bahwa sirsak dapat mengurangi kadar glukosa secara signifikan pada tikut yang menderita diabetes.(kompas.hans)